Alasan Perempuan Harus Paham Cara Mengelola Keuangan

Ilustrasi mengatur keuangan
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Perempuan seringkali diibaratkan sebagai menteri keuangan di rumah tangga. Dalam banyak kasus, segala pemasukan dan pengeluaran keluarga harus mendapatkan izin dari seorang istri dan juga ibu.

Tapi sayangnya, berdasarkan survei Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2016, tingkat literasi keuangan pada perempuan hanya sebesar 25 persen, sementara laki-laki memiliki tingkat keuangan yang lebih tinggi yakni 33 persen.

Untuk itu, Menurut Kusumaningtuti Soetiono, Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, perempuan adalah kelompok prioritas yang diunggulkan untuk edukasi keuangan. Bukan hanya di Indonesia, tapi  juga secara internasional. Hampir semua  negara menjadikan perempuan target audiens  prioritas dalam literasi keuangan.

"Karena menurut survei kami, perempuan besar pengaruhnya terhadap lingkungan, baik pada anak, suami, dan rumah tangga di mana ia tinggal, kawan di mana ia bersosialisasi pengaruhnya besar. Jika kelompok perempuan ini teredukasi pasti hasilnya lebih berlipat ganda dibanding target lainnya," ungkap Kusumaningtuti, saat peluncuran program #IbuBerbagiBijak, di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 14 Juni 2017.

Dia juga menjelaskan salah satu penyebab rendahnya literasi keuangan pada perempuan ialah karena faktor pendidikan. Menurutnya, masih banyak perempuan yang tidak mendapatkan pendidikan yang memadai.

"Kemudian interaksi juga, makin banyak perempuan yang ke lapangan pekerjaan luas akan mendorong literasi keuangannya. Jadi yang masuk  pekerjaan yang luas itu memengaruhi indeks literasi keuangannya," kata dia.

Di samping itu, pada perempuan ada kecenderungan konsumtif yang lebih besar, meski hal serupa juga ditentukan pada kelompok laki-laki. "Ada kecenderungan konsumtif, itu antara perempuan, dan laki laki walaupun butuh penelitian lebih dalam," katanya.

"Kebutuhan konsumtif itu banyak didominasi perempuan, karena mereka mungkin punya lebih banyak waktu luang menghabiskan uang," kata dia.

Untuk itu, menurutnya penting bagi perempuan memiliki tingkat literasi keuangan yang memadai. Selain menambah wawasan, juga akan melengkapi keterampilan manajemen keuangan yang benar dan tepat. (one)

Keluarga Muda Saat Ini Enggan Berinvestasi Jangka Panjang
Ilustrasi keuangan.

Ciri-ciri Anda Termasuk Istri yang Cerdas Atur Keuangan Keluarga

Dalam sebuah rumah tangga, wajib memiliki anggaran tetap bulanan

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2019