Begini Cara Mengucapkan 'Meme' yang Benar

Meme K-pop.
Sumber :
  • Instagram

VIVA.co.id – Barangkali Anda sudah akrab dengan kata yang satu ini, 'meme'. Sebuah kata yang kerap merujuk pada suatu gambar atau video yang mengandung unsur humor di dalamnya. Lantas, apa sebenarnya arti meme? Dari mana kata tersebut berasal? Bagaimana cara pengucapannya?

Bikin Hoax Pengobatan Ida Dayak, Narapidana Kasus Pencabulan di Sambas Ditangkap

Dilansir laman Metro.co.uk, Jumat, 30 Juni 2017, kamus Oxford mendefinisikan 'meme'  sebagai sebuah ide atau perilaku yang menyebar dari satu kelompok masyarakat ke kelompok lain, bukan karena bawaan genetik melainkan didapat dari proses menyalin.

Kata 'meme' sendiri berasal dari bahasa Yunani. Artinya, 'yang mengimitasi'. Dalam hal ini, kaitannya dengan pola genetik dalam DNA makhluk hidup.

BEM UI Rancang Aksi Pergerakan Besar Tolak Perppu Cipta Kerja

Namun, meme di internet, diartikan sebagai seperti yang telah disebutkan di atas, sebuah video atau gambar yang menyebar dengan cepat dari satu pengguna ke pengguna internet lain. Biasanya  sudah dibubuhi dengan suntingan atau edit-an untuk menambah nilai humor dalam video atau gambar tersebut.

Lalu bagaimana cara pengucapannya? Orang Indonesia kerap menyebut meme dengan bunyi huruf 'e' diucapkan seperti dalam kata 'bebek'. Namun, pengucapan yang benar adalah ‘mim’. Huruf ‘e’ pertama dibaca 'i' dan huruf ‘e’ kedua tidak dibaca sama sekali.

Soroti BEM UI soal Meme Puan, Teddy Garuda: Jangan Sampai Mahasiswa Hanya Jadi Pion

Kini humor yang dibuat dalam meme tidak hanya berbicara mengenai politik atau sosial saja, melainkan lelucon mengenai kehidupan sehari-hari yang dialami banyak orang.

Kue mayat alien.

Viral Meme Mayat Alien Meksiko Jadi Kue

Seorang pembuat roti memanfaatkan sensasi viral tersebut dengan memamerkan keterampilannya yang mengesankan membuat kue dengan mayat alien miliknya yang bisa dimakan.

img_title
VIVA.co.id
19 September 2023