Sudut Tersembunyi di Rumah yang Sering Lupa Dibersihkan

Ilustrasi dapur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Membersihkan rumah adalah hal yang wajib Anda lakukan secara rutin. Tak hanya rumah, furnitur dan barang-barang di dalamnya pun perlu dibersihkan secara berkala. Namun, ada sudut-sudut atau benda-benda tertentu di rumah yang sering terlupakan.

Lakukan 5 Pekerjaan Rumah Tangga Ini, Kurangi Risiko Demensia

Dilansir dari laman Huffington Post, Selasa, 4 Juli 2017, dalam buku The Complete Book of Clean, Toni Hammersley menunjukkan bahwa tempat-tempat tersebut sarang debu dan kotoran, yang akan mencegah rumah Anda terlihat bersih.

Sedikitnya, tempat-tempat itu adalah tirai dan penutup jendela, seprai dan sarung bantal serta guling, ventilasi pada kompor gas, tempat pisau yang terbuat dari kayu, tempat sampah dan lemari pendingin.

Wabah Corona, Ini 5 langkah Mendisinfeksi Rumah agar Bebas Virus

Berdasarkan buku tersebut, pastikan Anda memperhatikan untuk membersihkan tempat dan benda-benda tersebut dengan rutin setiap bulannya. Hal itu dilakukan guna menghindari kelembapan yang berlebih serta menghindari penumpukan debu.

Ventilasi pada kompor gas misalnya. Jika tak dibersihkan secara rutin akan mengakibatkan kerak karena sisa masakan dan tumpuhan minyak. Untuk itu, Anda harus rutin membersihkan filter dari ventilasi tersebut, setiap tiga hingga enam bulan sekali.

7 Trik Cerdas Membuat Rumah Terbebas dari Debu

Begitu juga dengan lemari pendingin. Membersihkan kondensornya secara teratur di bagian belakang lemari es dan freezer membuatnya beroperasi dengan efisien, mengurangi penggunaan daya dan memperpanjang umur unit.

Ilustrasi membersihkan rumah.

3 Tips Jaga Udara dalam Ruangan agar Selalu Segar

Terlebih polusi udara juga berbahaya bagi sistem pernapasan kita. Berikut tiga tips and trick menjaga udara di dalam rumah.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2021