Gantikan Donald Trump di KTT G-20, Ivanka Trump Hanya Diam

Ivanka Trump
Sumber :
  • Reuters/Pool

VIVA.co.id – Ivanka Trump, putri dari Presiden Amerika Seritkat, Donald Trump tampak hadir dan duduk di bangku yang disediakan untuk ayahnya pada rapat Group of 20 (G-20) di Hamburg, Jerman.

10 Prediksi The Simpsons di 2022, Ada Ivanka Trump

Dia menggantikan ayahnya, lantaran Trump melakukan rapat bilateral dengan pemimpin negara lain.

Dari foto yang beredar di dunia maya, Ivanka tampak duduk di antara Presiden China, Xi Jinping, dan Perdana Menteri Inggris, Theresa May. Selain itu, juga tak jauh dari Kounselor Jerman Angela Merkel dan Presiden Turki, Recip Tayyip Erdogan.

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Dilansir dari laman Bloomberg, Senin 10 Juli 2017, salah seorang petugas yang mengawasi sesi rapat tersebut mengatakan, Ivanka memang menggantikan sang ayah, setidaknya dua sesi pada Sabtu lalu, namun dia hanya diam.

Tidak ada yang salah dengan keberadaan Ivanka dalam rapat tersebut, karena untuk beberapa rapat, para pemimpin G-20 dapat membawa staf mereka ke dalam ruangan. Mereka dapat menggantikan posisi atasan mereka jika dibutuhkan. 

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

Dalam pertemuan ini, Ivanka bertindak sebagai penasihat 'gratis' bagi Trump. Ia juga digelari sebagai asisten presiden dan memiliki kantor di West Wing of the White House.

Namun, keberadaan Ivanka dalam rapat para pemimpin dunia tersebut menuai kritik. Hal ini dianggap mengaburkan hubungan antara Ivanka dan Trump, antara keluarga dan bisnis resmi.

Membawa keluarga saat pertemuan, memang jadi hal yang tidak biasa bagi pemimpin lain. Tak hanya itu, istri Trump juga bergabung dengan delegasi Amerika Serikat, saat presiden tengah berdiskusi dalam pertemuan tersebut.

Mengenai hal ini, Nikki Haley, perwakilan Amerika Serikat di Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengatakan, Ivanka sebelumnya ikut dalam pertemuan dan membahas isu yang ia dalami.

"Dia punya isu yang tengah ia dalami. Ia akan berbicara, saat isu tersebut dibahas dan dia hanya fokus pada isu tersebut," ujar Haley.

Tak hanya Haley, Merkel pun mengatakan, setiap perwakilan negara bebas menunjuk siapa saja yang mewakili mereka. Ivanka salah satunya, ia dianggap sebagai bagian dari delegasi Amerika.

"Kita tahu bahwa dia (Ivanka) bekerja di Gedung Putih dan terlibat dalam berbagai kegiatan," katanya. 

Ivanka juga ikut bagian dalam acara Bank Dunia yang meluncurkan program pinjaman untuk pengusaha wanita, di mana dia terlibat aktif dalam program itu. Mengenai perannya menggantikan dirinya, Trump memuji putrinya tersebut. 

"Saya sangat bangga dengan putri saya Ivanka. Jika dia bukan putri saya, itu akan jauh lebih mudah baginya," ujar Trump.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya