Lima Cara Hemat Biaya Listrik Rumah

Ilustrasi hemat listrik
Sumber :

VIVA.co.id – Tagihan listrik rumah Anda semakin membengkak sejak penghapusan subsidi listrik bagi pelanggan rumah tangga mampu 900 volt ampere? Jika Anda mencari cara untuk mengurangi tagihan listrik maka tips ampuh hanyalah menghemat pemakaian daya listrik.

Sejak 2013, Kementerian ESDM Klaim Sukses Hemat Energi 62 Ribu GWh

Dikutip Nine, seringkali tagihan listrik membengkak karena penggunaan berlebih pada peralatan pengering pakaian, pemanas dan pendingin. Dengan begitu, usahakan matikan daya alat-alat itu ketika tidak memakainya.

"Usahakan menurunkan penggunaan listrik Anda. Lihat barang-barang yang menggunakan listrik di rumah Anda, ada banyak hal kecil dan besar yang dapat Anda lakukan yang dapat memberi dampak," kata Direktur Energy Efficiency Experts, Carolyn Lee.

Viral Video 'Iklan' Receh PLN dan PDAM

Berikut lima cara penggunaan energi di dalam rumah.
 
1. Jendela ruangan

Jendela terbuka akan memungkinkan cahaya matahari masuk ke dalam ruangan dan menerangi kamar. Dengan demikian Anda tidak perlu menyalakan lampu pada saat siang hari hingga sore hari.

5 Tips Bayar Tagihan Listrik Tanpa Panik

2. Mesin pemanas dan pendingin

Banyak rumah memiliki mesin pemanas dan pendingin ruangan, tapi ada cara yang lebih efisien untuk menghemat listrik adalah dengan mengubah pengaturan alat pemanas atau pendingin ruangan menjadi ramah lingkungan.

3. Penerangan

Mengatur pencahayaan di dalam rumah Anda adalah cara yang baik untuk menurunkan keseluruhan penggunaan energi. Lampu mengonsumsi hingga 15 persen dari rata-rata penggunaan listrik rumah.

Disarankan, beralih dari lampu halogen ke bola lampu LED. Lampu LED mampu bertahan lebih lama 10 kali, dan menggunakan hanya sepersepuluh dari daya listrik.

4. Beralih ke peralatan hemat energi

Peralatan yang sudah berusia lebih dari 10 tahun nyatanya memakan tenaga listrik hingga tiga kali lebih banyak. Dengan begitu, segera lakukan pembaruan pada peralatan yang sudah berusia tua dengan peralatan hemat energi. Sebagai saran, pilih peralatan dengan konsumsi daya atau kWh rendah.

5. Sesuaikan pemakaiannya

Membuat penyesuaian sederhana untuk kebiasaan sehari-hari Anda juga dapat membantu Anda mengurangi tagihan listrik. Matikan peralatan adalah salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan. Pintar-pintarlah menggunakan alat-alat yang sekiranya akan membuat tagihan melonjak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya