Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 18 Juli 2017 | 06:04 WIB
  • Nyaman Tak Selalu Sehat, Ini Tips Agar Rumah Tetap Sehat

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Raudhatul Zannah
Nyaman Tak Selalu Sehat, Ini Tips Agar Rumah Tetap Sehat
Photo :
  • Pexels/Unsplash
Ilustrasi bangun tidur.

VIVA.co.id – Rumah bukan hanya menjadi tempat untuk tinggal, atau berlindung dari panas, dingin, hujan, dan kotoran. Tetapi, rumah juga memiliki faktor untuk kenyamanan seseorang.

Rumah yang nyaman, juga belum tentu pas jika tidak sehat. Sehingga, perlunya mewujudkan tata ruang, penataan perabot, mengatur aliran udara, serta pencahayaan matahari secara baik.

Berdasarkan data yang dihimpun VIVA.co.id, secara umum ada beberapa aspek yang harus dilakukan untuk mewujudkan rumah menjadi sehat. Hal tersebut pun harus dilakukan secara rutin setiap hari, dua hari sekali, hingga satu minggu sekali.

1. Buka jendela rumah di pagi hari setiap hari

Setiap rumah, tentunya harus memiliki sirkulasi cahaya dan udara. Nah, untuk mendapatkan sirkulasi cahaya dan udara secara baik hal ini salah satunya, terutama pada jendela bagian dapur dan kamar mandi. Cara ini, agar ruangan tidak pengap dan akan menjadi segar.

2. Pisahkan sampah kering dan basah

Sampah yang menumpuk akan menimbulkan bau tak sedap dan mengundang lalat untuk hinggap. Pisahkan terlebih dahulu antara jenis sampah kering dan basah. Jangan dibiarkan terlalu lama, segera buang ke tempat penampungan sampah untuk menghindari bau.

3. Bersihkan saluran air

Pastikan saluran air di rumah bersih dan tak tersumbat. Jika tidak, hal ini akan menimbulkan bau tak sedap, genangan air, dan sarang nyamuk. Rumah yang lembap ini lah yang menjadikan rumah tak sehat.

4. Pilih bahan bangunan

Hal ini perlu juga diperhatikan. Pastikan bahan bangunan yang digunakan aman untuk kesehatan, misal dalam memilih cat. Terkadang, cat mengandung bahan kimia yang cukup tajam, sehingga membuat penghuni menjadi sesak napas atau asma. (asp)