Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 13 Agustus 2017 | 16:29 WIB
  • Curhat Nadine Tentang Lumba-lumba Menyayat Hati

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Putri Firdaus
Curhat Nadine Tentang Lumba-lumba Menyayat Hati
Photo :
  • VIVA.co.id/ichsan Suhendra
Nadine Chandrawinata.

VIVA.co.id – Selain menjadi aktris, mantan Puteri Indonesia 2005, Nadine Chandrawinata, juga dikenal sebagai aktivis lingkungan. Sirkus lumba-lumba adalah salah satu isu yang ia kembali soroti.

Dalam unggahan foto di Instagram miliknya, @nadinelist, beberapa waktu lalu, ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi lumba-lumba yang banyak dijadikan penghibur dalam pertunjukkan sirkus.

"Bayangkan kalau kita sebagai lumba-lumba, dipindahkan menggunakan truk di dalam tangki kecil berjam-jam. Setelah itu air kolam diberi klorin (kaporit) tujuannya agar air bebas bakteri patogen sehingga tidak mudah keruh, dan itu membutakan mata lumba-lumba perlahan-lahan. Tersiksa!" tulisnya.

Saat ditemui di kawasan Sudirman, Minggu, 13 Agustus 2017, Nadine mengatakan bahwa laut adalah tempat paling tepat untuk menyaksikan lumba-lumba secara langsung, bukan di pertunjukkan sirkus. Menurutnya, berkunjung langsung ke laut lebih banyak memberi manfaat.

"Kalau ingin lihat lumba-lumba lebih baik ke laut. Selain meningkatkan pariwisata kita, itu juga bagus untuk edukasi anak anak dan bisa jadi short trip mereka. Muka lumba-lumba emang sudah setting-annya senyum, padahal mereka menangis karena airnya dari klorin, mata mereka buta, kulit mereka dikasih mentega biar tidak terbakar," kata dia.

 

LET'S SPREAD THE AWARENESS! . Beberapa bulan ini, ku dengar lagi banyak sirkus lumba-lumba keliling. Menyedihkan di Indonesia masih sangat tinggi akan pementasan ini. Bayangkan kalau kita sebagai lumba-lumba, dipindahkan menggunakan truk di dalam tangki kecil berjam-jam. Setelah itu air kolam diberi klorin (kaporit) tujuannya agar air bebas bakteri pathogen sehingga tidak mudah keruh, dan itu membutakan mata lumba-lumba perlahan-lahan. Tersiksa! . Bagaimana menghentikan pentas ini di sekitarmu? Berhenti membeli tiketnya. Mereka terus ada, karena ada "demand". Ajarkan anak-anak untuk mengenal mereka di habitat aslinya, di laut. Lumba-lumba bersahabat, maka dijabat, jangan dijerat. Ayo bicara lewat berkarya????, terima kasih atas dukungannya ???????? #againstanimalcruelty #seasoldier #DolphinSeasoldier

A post shared by Nadine Chandrawinata (@nadinelist) on