Monash University Tawarkan Program Doktor, Tertarik?

Ilustrasi raih gelar sarjana
Sumber :
  • Pixabay/ Violey

VIVA.co.id – Pendidikan lebih tinggi seperti pascasarjana hingga S3 mungkin sangat diidam-idamkan oleh sebagian orang di Tanah Air. Namun tidaklah mudah untuk bisa mengenyam pendidikan di luar negeri dengan sengitnya persaingan.

Orang Berpendidikan Tinggi Cenderung Percaya Hoax, Begini Alasannya

Jika ingin mengambil program S3 alias doktor, Anda mungkin bisa memilih Australia sebagai negara tujuan untuk belajar. Seperti kali ini, kampus kondang Monash University menawarkan kembali program terbaru mereka bagi masyarakat atau pelajar yang ingin berkuliah di Negeri Kanguru.

Untuk kedua kalinya Monash University menggelar Doctoral Program Information Day di Jakarta. Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari pada 9 dan 10 September 2017 di Fairmont Hotel Jakarta.

Gita Gutawa Lulus S2, Bukan Cuma Bekal Ilmu yang Didapat

"Kami memberikan informasi bagi calon mahasiswa S3 untuk mencari informasi tentang Monash University,” ujar Senior Pra Vice Chancellor (Academic) Monash University Prof Zlatko Skrbis melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Minggu 10 September 2017.

Zlatko menambahkan, Monash menawarkan program studi doktoral untuk meningkatkan kecakapan serta pengetahuan yang diperlukan bagi pelatihan penelitian.

6 Tips Sukses Raih Beasiswa Luar Negeri

"Calon mahasiswa doktoral bisa berkonsultasi dengan para akademisi dan staf dari berbagai fakultas termasuk fakultas ilmu sosial dan politik, ilmu budaya, hukum, bisnis dan ekonomi, teknik, teknologi informartika, ilmu pengetahuan, pendidikan dan ilmu pengobatan keperawatan serta ilmu kesehatan," ujarnya.

Zlatko menjelaskan, kegiatan itu sejalan dengan visi pemerintah Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas doktor, sekaligus menggenjot tingkat publikasi ilmiah di level internasional. Sebab, urgensi peningkatan angka doktor di Indonesia tengah menjadi persoalan yang disoroti oleh pemerintah.

Berdasarkan data statistik yang dilansir oleh Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, tercatat pada 2017 jumlah dosen bergelar S3 saat ini mencapai 34.223 orang atau sekitar 14 persen dari total 250.000 dosen di seluruh Indonesia.

Angka tersebut masih sangat jauh dari target minimal 20 persen jumlah doktor yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan nasional sumber daya manusia di Indonesia. Peningkatan angka lulusan S3 dari kampus internasional berkualitas seperti Monash akan berdampak pada publikasi ilmiah di tingkat internasional dan meningkatkan inovasi yang saat ini menjadi prioritas pemerintah Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya