Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari Bikin Orang Bahagia

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Pixabay/jill111

VIVA.co.id – Ternyata ada alasan mengapa liburan bisa membuat seseorang merasa bahagia. Sebuah studi yang dilakukan Brigham Young University mengungkapkan, menghabiskan waktu di bawah sinar matahari dapat memengaruhi suasana hati seseorang, bahkan lebih dari suhu, polusi dan hujan.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Para peneliti mengungkapkan bahwa suasana hati seseorang ternyata berkaitan erat dengan cuaca. Mereka menemukan bahwa para peserta studi mengaku lebih stres saat cuaca mendung dan sinar matahari hanya bersinar sedikit.

Dilansir dari laman Medical Daily, Jumat, 22 September 2017, dalam studi ini peneliti menguji data meteorologi dari Stasiun Fisika dan Astronomi Brigham Young University dan data polusi dari U.S. Environmental Protection Agency.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

Para peneliti juga membandingkan cuaca dengan kesehatan mental pasien di Brigham's Young Counseling and Psychological Services Center.

"Di hari yang hujan atau lebih berpolusi, orang berasumsi mereka akan lebih stres. Tapi kami tidak melihat itu. Kami melihat pada radiasi matahari, atau jumlah sinar matahari yang mengenai bumi," ujar penulis studi, Mark Beecher.

5 Dampak Negatif Terlalu Dekat dengan Rekan Kerja, Bisa Kurangi Profesionalisme

Beecher juga mengatakan, para peneliti ikut mempertimbangkan efek hari-hari berawan, hujan dan polusi terhadap suasana hati manusia, tapi semuanya dikalahkan oleh sinar matahari.

Ilustrasi stres.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Belum banyak orang yang menyadari bahwa gejala stres juga bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Sangat banyak tanda-tanda yang menunjukkan anda terkena stres.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024