Mengungkap Pentingnya Edukasi Bahaya Gempa

Ilustrasi/Gempa bumi.
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id – Bencana alam dapat terjadi kapan pun tanpa kita ketahui. Salah satunya adalah gempa bumi. Seringkali gempa bumi terjadi tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Gempa bumi dengan kekuatan besar dapat menimbulkan Tsunami.  

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Seorang peneliti Geoteknologi LIPI, Nugroho Dwi Hananto menjelaskan bahwa tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu sebelum gempa bumi terjadi. Lalu, apa yang harus dilakukan ketika gempa bumi terjadi?

"Yang harus dilakukan adalah melakukan edukasi sejak dini kepada masyarakat. Yang terpenting adalah kesadaran masyarakat mengenai bencana alam," ucapnya, saat di temui di Jakarta, Minggu 24 September 2017.

Gempa Magnitudo 6 Guncang Jepang, Tak Ada Peringatan Tsunami

Dengan masyarakat sadar akan bahaya bencana alam seperti gempa bumi, maka dengan sendirinya masyarakat akan saling mengajak satu sama lain untuk sadar akan bahaya bencana alam, yang dapat dilakukan seperti menutup kepala, keluar dari rumah, dan segera keluar dari rumah dan mencari tempat berlindung.

Ia pun menambahkan bahwa akan sangat mudah untuk mengedukasi masyarakat jika semua golongan ikut serta membantu dalam gerakan edukasi bencana alam ini.

Jepang Cabut Peringatan Tsunami Imbas Gempa Taiwan

"Sebenarnya bukan hanya pemerintah yang bertugas untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya dari gempa bumi," tuturnya.

Ia juga menambahkan, masyarakat dapat membentuk kelompok-kelompok relawan yang dapat mengedukasi lebih luas ke masyarakat. Dengan semakin banyak masyarakat yang mengetahui bahaya gempa bumi, akan semakin banyak orang yang tahu, apa yang harus ia lakukan saat gempa bumi terjadi. (asp)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024