Fakta Unik Panda Raksasa, Cai Tao dan Hu Chun

Giant Panda tiba di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Isra Berlian

VIVA.co.id – Hari ini, Kamis, 28 September 2017, sepasang Giant Panda atau Panda Raksasa (Ailuropoda Melanoleuca) tiba di Indonesia setelah menempuh perjalanan 5 jam dari Tiongkok. Sesampainya di Terminal Kargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Panda bernama Cai Tao (berkelamin jantan) dan Hu Chun (betina) menjadi perhatian para pewarta dan tamu undangan.

Kenalan Sama 2 Panda Raksasa, Duta China untuk Indonesia di Taman Safari Bogor

Karena bentuk dan tingkah lakunya yang menggemaskan, mamalia ini pun selalu menarik untuk diceritakan dan menarik untuk diketahui. Berikut ini beberapa fakta menarik seputar Giant Panda.

1. Ciri pembeda antara Jantan dan Betina

Hewan Imut Ini Tidak Lagi Terancam Punah

Panda jantan memiliki ciri fisik yakni ukuran mulut yang kecil, tubuh bulat dan memiliki panjang normal. Sedangkan untuk panda betina, memiliki mulut besar dan panjang, wajah tidak terlalu bulat dengan telinga mekar.

2. Kebutuhan nutrisi Giant Panda

Panda Raksasa Tak Lagi Masuk Kategori Hewan Terancam Punah

Makanan panda raksasa umumnya 99 persen bambu dan sisanya 1 persen buah, sayuran atau daging. Untuk makan, Giant Panda dewasa memerlukan asupan 17 kilogram batang bambu per hari atau 10 hingga 14 kilogram daun bambu, atau 40 kilogram rebung bambu.

Meski mengonsumsi puluhan kilogram bambu, Giant Panda hanya mampu mencerna 17 persen dari bambu yang dikonsumsinya. Ini terjadi karena pencernaan Giant Panda tidak seperti herbivora maupun ruminansia. Selain itu, bambu pun tidak dikunyah secara sempurna oleh panda.

3. Usia hidup Giant Panda

Usia Giant Panda (life expectancy) di alam liar adalah 19 tahun. Sedangkan usia Panda jika berada di dalam captive (penangkaran) adalah 20 hingga 30 tahun. Untuk Giant Panda tertua tercatat ada di usia 37 tahun 3 bulan.

4. Habitat kehidupan Giant Panda

Giant Panda tinggal di daerah dengan ketinggian 2.000 hingga 3.000 meter di atas permukaan laut, dengan suhu yang sejuk dan cukup lembab. Panda pun lebih menyukai lokasi yang datar dan beberapa sudut atau kemiringan yang terdapat bambu dan makanan, serta memiliki vegetasi yang banyak serta aliran air cukup.

5. Masa regenerasi

Umumnya musim perkawinan Giant Panda berkisar antara Februari hingga Mei. Sedangkan untuk musim melahirkan berkisar antara Juli hingga Oktober setiap tahunnya.

Masa gestasi (umur kehamilan) Giant Panda betina berkisar 85 sampai 185 hari. Betina pun akan menunjukkan gejala penurunan nafsu makan, perubahan pada warna dan besar vulva, senang bermain air dan mau tidur bersebelahan bersama jantan. Yang uniknya masa subur Giant Panda betina dalam satu tahun hanya terjadi dalam dua hari. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya