Bahan Dapur Ini Ampuh Usir Semut

Membersihkan semut di rumah
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Keberadaan semut di ruang tamu atau dapur kerap menjadi hal yang menjengkelkan. Terkadang ada saja yang nyasar dan berjalan menyusuri kaki atau tangan Anda.

Kisah Semut yang Turut Bertasbih pada Allah, Ini Dalil Menurut Hadis

Tak perlu bahan kimia, Anda bisa usir keberadaan semut dengan bahan makanan yang ada di dapur. Apa saja? Berikut di antaranya dilansir laman The Balance, Senin, 9 Oktober 2017.

Cuka

Viral TikToker Ini Eksperimen Buat Agar-agar Semut Terus Mukbang

Lap permukaan dapur, lemari atau tempat lain yang didatangi semut dengan air yang sudah dicampur cuka. Perbandingannya adalah 50:50. Ulangi cara ini hingga semut hilang. Semut diketahui tidak suka bau cuka. Tak hanya itu, dengan cuka, jejak jalur semut juga dapat hilang olehnya.

Namun, tidak semua permukaan dapur cocok dengan cuka. Permukaan berbahan batu alam seperti granit, marmer atau kuarsa sebaiknya gunakan pembersih biasa.

Suzuki Grand Vitara Mulai Dikirim ke Pembeli, Cara Efektif Mengatasi Semut di Dalam Mobil

Rempah-rempah

Tabur bubuk kayu manis, mint, lada, lada hitam atau bawang putih di area yang disemuti. Lakukan pula di tempat lain seperti lemari makanan untuk mengusir semut.

Anda juga bisa menggunakan essential oil dengan aroma peppermint, sitrus, atau kayu manis. Tuangkan pada kapas lalu letakkan di daerah yang diinginkan.

Bubuk kopi

Gunakan ampas bubuk kopi dan taburi bubuk tersebut di taman atau area yang Anda inginkan.

Kulit jeruk atau kulit timun

Letakkan kulit timun atau jeruk di area yang disemuti. Kulit timun dan jeruk tidak bersahabat dengan jamur yang dikonsumsi semut. Jadi cara ini dianggap ampuh untuk mengusir semut-semut. Jika ingin praktis, Anda bisa gunakan pembersih yang mengandung ekstrak timun atau jeruk. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya