Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 11:46 WIB
  • Ketika Miss Wheelchair Ingin Ubah Stigma Kaum Disabilitas

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Bimo Aria
Ketika Miss Wheelchair Ingin Ubah Stigma Kaum Disabilitas
Photo :
  • http://misswheelchairworld.com
Aleksandra Chichikova, Miss Wheelchair World

VIVA.co.id – Seorang mahasiswi dari Belarusia telah dinobatkan sebagai Miss Wheelchair World di kontes kecantikan dengan konstestan berkusi roda. Kontes kecantikan ini dihelat di Warsawa, Polandia, belum lama ini.

Aleksandra Chichikova, mahasiswi psikologi dan pedagogi sosial ini menjadi juara dan runner-up adalah Lebohang Monyatsi dari Afrika Selatan. Aleksandra berhasil mengalahkan 24 kontestan dari 19 negara yang berbeda.

"Perangi kecemasan dan ketakutan Anda," kata wanita berusia 23 tahun itu, seperti dilansir dari Independent, Senin, 16 Oktober 2017.

Aleksandra memiliki keinginan menghancurkan stigma tentang orang-orang dengan disabilitas. Dia meyakini orang dengan keterbatasan fisik seperti dirinya juga bisa sukses, kuat, komitmen, cantik dan menarik.

"Saya sangat menikmati saat melihat orang-orang mengubah cara pandang dan sikap mereka terhadap orang-orang disabilitas. Mereka mulai melihat kami setara, bukan sebagai orang dengan disabiltas," tutur dia.

Sementara juri dalam ajang itu terdiri dari wartawan, presenter dan perwakilan dari dewan kota Warsawa. Olga Alaba, Miss Wheelchair 2013 asal Polandia juga menjadi salah satu dewan juri.

Selain pemenang pertama, kedua dan ketiga, sejumlah penghargaan tambahan juga diberikan kepada para kontestan, termasuk Miss Smile, yang dimenangkan oleh Nadjet Meskine dari Prancis dan Miss Kindness dimenangkan oleh Vahen King dari Kanada.

Kompetisi ini mempertemukan kontestan dari Angola, Belarus, Brazil, Kanada, Cile, Finlandia, Prancis, Guatemala, India, Italia, Meksiko, Moldova, Belanda, Polandia, Rusia, Afrika Selatan, Ukraina dan Amerika Serikat.