Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 16 Oktober 2017 | 15:47 WIB
  • Disiplin Mengatur Uang Lewat Arisan

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Putri Firdaus
Disiplin Mengatur Uang Lewat Arisan
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi asuransi/menabung dan mengelola keuangan.

VIVA.co.id – Konsisten mengumpulkan uang memang susah-susah gampang. Namun, banyak jalan menuju Roma, arisan adalah salah satu caranya.

Arisan kerap dijadikan cara untuk mendapatkan uang atau barang. Tapi bukan itu saja manfaat mengikuti arisan.Secara tidak sadar, arisan mengajarkan Anda disiplin mengatur keuangan. Anda harus menyisihkan sebagian uang untuk disetorkan pada ketua arisan selama jangka waktu tertentu hingga semua mendapat bagiannya.

"Secara tidak langsung ini mengedukasi literasi keuangan. Arisan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari kemudian berangsur dari menjadi mengerti bagaimana mengelola keuangan, menahan uang untuk arisan berikutnya," kata Kusumaningtuti S. Soetiono, mantan Anggota Dewan Komisioner OJK 2012-2017 sekaligus pemerhati edukasi keuangan saat ditemui di temu media Arisan Mapan di Citywalk Sudirman, Senin, 16 Oktober 2017.

Hal serupa juga diutarakan Co-Founder Arisan Mapan, Aldi Haryopratomo. Produk yang ia buat memungkinkan para anggota mendapatkan barang yang dibutuhkan melalui sistem arisan.

Melalui sistem ini, kata dia, kedisiplinan mengatur keuangan perlahan tumbuh karena adanya kontrol sosial antar anggota arisan.

"Kontrol sosial antar anggota di Arisan Mapan sangat kuat sehingga mendorong kedisiplinan perencanaan keuangan. Mereka akan saling mengingatkan bila ada yang tampak bermasalah dengan perencanaan keuangan," kata dia.

Sehingga, bukan tidak mungkin dengan disiplin mengatur keuangan, keadaan ekonomi pribadi maupun keluarga menjadi semakin membaik.

"Dengan mampu mengetahui soal keuangan, bisa meningkatkan kesejahteraan, bisa membagi pengeluaran dan pendapatan dan menabung untuk keperluan di masa datang," ujar Kusumaningtuti.