Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 17 Oktober 2017 | 15:49 WIB
  • Bar Ini Punya Kode Rahasia untuk Laporkan Pelecehan Seksual

  • Oleh
    • Anisa Widiarini,
    • Bimo Aria
Bar Ini Punya Kode Rahasia untuk Laporkan Pelecehan Seksual
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi diskotek atau kelab malam.

VIVA – Pelecehan seksual bisa terjadi di mana saja tergantung dari niat pelaku. Bisa di transportasi umum, atau di sebuah bar dan kelab malam. Tapi kini perempuan bisa merasa sedikit lebih aman ketika pergi ke bar dan klub malam di Swiss. 

Winterthur sebuah bar di Swiss timur memperkenalkan kode baru untuk membantu mengatasi pelecehan seksual. Siapa pun yang merasa tidak aman atau tidak nyaman pada suatu malam karena tindakan pelecehan bisa segera menghubungi bantuan lewat kode tertentu. 

Seketika anggota staf akan mendatangi lokasi Anda dan mengambil tindakan termasuk melibatkan staf keamanan untuk membawa Anda ke tempat aman atau memanggilkan taksi.

Ada 10 perusahaan yang telah berpartisipasi dengan memasang poster dan stiker di beberapa tempat misalnya jalan menuju toilet. Poster tersebut menunjukkan bagaimana cara menggunakan kode untuk memanggil bala bantuan.

Dilansir dari laman The Independent, skema serupa sudah diterapkan di Jerman. Sementara itu, Prancis juga mengambil tindakan untuk mengatasi pelecehan seksual. Undang-undang yang mengatur catcalling atau pelecehan seksual di jalan juga telah diajukan ke Menteri Kesetaraan Gender Prancis.

Marlene Schiappa mengatakan bahwa sistem ini benar-benar dibutuhkan, karena pada saat ini pelecehan di jalan tidak didefinisikan dalam undang-undang.

Schiappa memberi contoh tentang apa yang akan menentukan pelecehan, termasuk menyerang ruang pribadi seorang wanita dengan berbicara sangat dekat dengan wajahnya, mengikuti seorang wanita, dan meminta nomor wanita beberapa kali.