Surat Wasiat Korban Titanic Laku Rp2,3 Miliar

Kapal Titanic
Sumber :
  • REUTERS/Christie's

VIVA – Sebuah surat pribadi yang ditemukan di tubuh seorang pria korban tenggelamnya Kapal Titanic dijual dengan harga yang menakjubkan di tempat lelang. Surat ini berhasil terjual dengan harga Rp2,3 miliar, sebuah rekor untuk korespondensi dari kapal yang hancur itu.

Perangkat Rahasia Canggih Milik AS Berperan Penting Temukan Kapal Selam Titan

Dilansir laman Reuters, surat tersebut ditulis oleh penumpang kelas satu Alexander Oskar Holverson di atas stupa "on-board" Titanic, surat tersebut ditujukan kepada ibunya menggambarkan kesannya tentang kapal mewah, memuji makanan dan musik yang meriah di atas kapal megah.

"Jika semuanya berjalan lancar, kami akan tiba di New York pada hari Rabu A.M.," tulis Holverson pada hari sebelum  kapal tersebut menabrak gunung es.

Bangkai Kapal Selam Titan Dievakuasi, Potongan Tubuh Manusia Ditemukan

Holverson adalah seorang salesman kelahiran Minnesota, yang sedang bepergian dengan kapal mewah itu bersama istrinya, Mary Alice, yang selamat dari tenggelamnya kapal tersebut.

Surat itu dijual oleh keluarga Holverson di sebuah lelang yang diselenggarakan oleh Henry Aldridge & Son di kota Devizes, Inggris selatan. Kunci besi dari Titanic juga dijual seharga 76.000 poundsterling.

INFOGRAFIK: Wisata Maut Kapal Selam Bangkai Titanic yang Karam

"Harga menggambarkan ketertarikan pada Titanic dan penumpang dan kru," kata juru lelang, Andrew Aldridge.

"Saya senang dengan rekor dunia baru untuk surat Titanic. Ini mencerminkan statusnya sebagai surat Titanic yang paling penting yang pernah dilelang."

Dalam suratnya Holverson juga menggambarkan pengalamannya bertemu dengan salah satu penumpang kapal yang paling terkenal.

"John Jacob Astor ada di kapal ini," katanya tentang pemodal Amerika dan investor real estate, yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia pada saat itu.

"Dia terlihat seperti manusia lain meski memiliki jutaan uang. Mereka duduk di dek dengan kami semua."

Titanic adalah kapal laut terbesar dan mewah yang menabrak gunung es pada 14 April 1912 di Atlantik. Saat itu kapal akan menuju ke New York dan berangkat dari Southampton. Lebih dari 1.500 orang meninggal dalam kecelakaan itu. Kapal ini dibangun pada 1909 sampai 1911 oleh galangan kapal Harland and Wolff di Belfast. Kapal ini sanggup mengangkut 2.224 penumpang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya