Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 24 Oktober 2017 | 11:44 WIB
  • Unik, Orang Bulgaria Bisa Beli Jodoh di Pasar

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Isra Berlian
Unik, Orang Bulgaria Bisa Beli Jodoh di Pasar
Photo :
  • Pexels/Pixabay
Ilustrasi pernikahan.

VIVA – Pasar menjadi tempat untuk menemukan berbagai kebutuhan dasar dalam hidup, mulai dari sandang hingga pangan dapat dibeli di sini. Namun, bagaimana jika sebuah pasar menjual calon pengantin? Apa Anda tertarik menemukan dan membeli jodoh di sini?

Jangan heran, ada sebuah pasar di Bulgaria yang bernama Bridal Market atau Pasar Pengantin. Ini merupakan pasar yang dibuka empat kali dalam setahun, pada berbagai hari libur besar keagamaan.

Dilansir dari laman Oddity Central, Selasa, 24 Oktober 2017, pasar ini merupakan pasar khusus bagi keluarga miskin di Bulgaria untuk mengatur pernikahan yang nantinya akan menguntungkan anak-anak mereka secara finansial.

Selain itu, pasar ini juga diklaim dapat mencegah perbuatan tercela yang mungkin dilakukan oleh anak-anak mereka.

"Kami menjaga moral anak-anak dengan menikahkan mereka di usia muda," kata Kosta Kostov, seorang penonton di pameran tersebut.

Nantinya, keluarga yang ingin menikahkan anaknya itu berkumpul di kota Stara Zagora untuk mengikuti kegiatan ini. Tempat tersebut akan memberikan kesempatan bagi keluarga untuk berkumpul, mengobrol dan mengatur pertemuan anak-anak mereka.

Calon pengantin wanita diharuskan menggunakan pakaian mini lengkap dengan riasan di wajahnya serta mengenakan sepatu hak tinggi. Setelah bertemu, calon pengantin wanita dan pria kemudian berjabat tangan dan bisa saling mengenal satu sama lain.

Sepasang muda dan mudi itu pun akan menari di atas sebuah mobil di hadapan para orang dewasa. Selama itu, sebagai pendamping, orangtua bisa memilih menghindar untuk memberikan kebebasan kepada anak-anak mereka saling mengenal satu sama lain.

Jika seorang anak laki-laki dan perempuan benar-benar saling menyukai, orang dewasa atau orangtua yang menjadi pendamping mereka bisa langsung bernegosiasi. Biaya negosiasi bisa berkisar antara Rp37,4 juta hingga Rp75 juta.

Harga ini telah turun dalam beberapa tahun terakhir, karena pekerjaan semakin berkurang sehingga menyebabkan perekonominan keluarga menurun. Tapi wanita yang dinilai sangat cantik dengan banyak pelamar sepertinya bisa tetap meminta harga yang sangat tinggi.

Tradisi pasar pengantin merupakan tradisi turun-temurun yang cukup lama di Bulgaria. Dulunya pasar ini ada di lapangan terbuka di sebelah pasar kuda di sebuah desa kecil di Bulgaria. Pengiring pengantin akan berdiri di atas panggung, sementara pelamar berkompetisi satu sama lain untuk meraih tangan mereka.