Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 06:00 WIB
  • Sebongkah Batu Laku Seharga Rp251,6 juta, Kok Bisa?

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Bimo Aria
Sebongkah Batu Laku Seharga Rp251,6 juta, Kok Bisa?
Photo :
  • Catawiki
Sebongkah batu yang dilelang Rp252 juta.

VIVA – Sebongkah batu yang diklaim berasal dari luar angkasa, berhasil dijual dengan harga Rp251,6 juta di sebuah acara lelang. Batu yang diperkirakan berumur empat miliar tahun, atau seumur bumi itu pun menjadi barang tertua yang pernah terjual di dunia.

Ditemukan di awal abad ke-20, batu ini terlihat sederhana, namun sebenarnya sangat langka dan berharga. Ini adalah meteorit besi dari jenis ritus oktahedral, dari koleksi meteorit Muonionalusta yang terkenal di dunia.

Ukurannya 26x23x17 sentimeter, serta memiliki berat 26,5 kilogram. Demikian dilansir dari laman Metro.co.uk, Rabu 25 Oktober 2017.

Setiap hari, ratusan ton materi ruang angkasa jatuh ke bumi, namun meteorit, atau potongan batu luar angkasa yang menembus atmosfer bumi mendarat di Swedia. setiap dua tahun sekali.

Menyaksikan jatuhnya meteorit sangat jarang terjadi. Dilaporkan setiap tahun, hanya tiga sampai empat kali kejadian itu terjadi di seluruh dunia.

Harga meteorit pun bervariasi tergantung ukuran dan ragamnya, namun secara keseluruhan, batu luar angkasa dianggap investasi yang bagus, kata rumah lelang Catawiki.

Harga meteorrit per gramnya diperkirakan sebesar 40 kali lipat dari harga emas yang sesuai. Meteor itu pun diketahui berasal dari sebuah kota di Pajalam Norrbotten, Swedia.

Batu ini baru saja laku terjual di acara lelang yang diselenggarakan oleh Catawiki pada Minggu kemarin, 22 Oktober 2017. Diketahui bahwa pembeli meteor itu juga telah diberi sertifikat yang menjamin keaslian batu tersebut. (asp)