Surat Albert Einstein Terjual Rp18 Miliar, Apa Isinya?

Catatan kebahagiaan hidup Albert Einstein
Sumber :
  • Reuters/Ammar Awad

VIVA – Sebuah surat wasiat untuk hidup bahagia dari Albert Einstein, berhasil terjual dengan harga Rp18 miliar di rumah pelelangan di Yerusalem. Surat itu ialah tulisan yang diberikan oleh Einstein ke petugas hotel di Tokyo, saat dirinya kehabisan uang tunai.

Mensos Risma Berikan Pesan ke Konten Kreator: Tidak Usah Takut untuk Melangkah!

Pada 1922, Einstein sedang dalam perjalanan ke Jepang, ketika pengumuman tersebut diumumkan. Menurut Winner’s Auctions and Exhibitions  Einstein akan dianugerahi hadiah Nobel fisika pada 1921. 

Setibanya di Tokyo, dia bersembunyi di kamar hotelnya sambil mencoba memikirkannya. Ketika seorang petugas datang ke kamarnya untuk melakukan pengiriman, Einstein mendapati dirinya tanpa uang untuk tip.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Sebagai gantinya, dia menyerahkan sebuah catatan yang ditandatangani dengan satu kalimat, yang ditulis dalam bahasa Jerman. 

"Kehidupan yang tenang dan rendah hati akan membawa lebih banyak kebahagiaan daripada mengejar kesuksesan dan kegelisahan terus-menerus yang menyertainya," tulis dia dalam surat.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Menurut rumah pelelangan tersebut, Einstein menyarankan portir untuk menyimpan catatan itu, dan mengatakan bahwa suatu hari nilainya akan melampaui jumlah tip pada umumnya. 

Hampir 100 tahun kemudian, Einstein terbukti benar setelah keponakan bellboy itu menghubungi rumah pelelangan untuk memasang notes tersebut untuk dijual. Identitas pembeli online belum terungkap. (asp)

Balai Kota DKI Jakarta.

Anggaran DKI Lambat Terserap, BPPBJ Salahkan SKPD

Spesifikasi dokumen pelelangan kerap tidak tepat.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016