Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 26 Oktober 2017 | 08:06 WIB
  • Sofia, Nama Wanita Paling Popular di Dunia

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Bimo Aria
Sofia, Nama Wanita Paling Popular di Dunia
Photo :
  • Pixabay/ Hans
Ilustrasi Nama-nama popular

VIVA – Bagi yang tengah mengandung dan dalam waktu dekat akan melahirkan, sudahkan memiliki nama yang tepat untuk buah hati? Jika belum tak ada salahnya untuk mencari tahu nama yang paling popular di dunia.

Baru-baru ini babynamewizard.com merilis bahwa Sofia adalah nama gadis paling popular di dunia. Nama ini menempati puncak tangga teratas di delapan negara.

Pendiri situs tersebut, Laura Wattenberg, mengumpulkan statistik nama bayi dari 49 negara yang berbeda sebelum memutuskan Sofia sebagai pemenang tertinggi.

Moniker Yunani adalah pilihan utama untuk orang tua di Meksiko, Rusia, Argentina, Italia, Swiss, Estonia, Cile dan Slovakia. Sementara itu, nama Sophia dengan ejaan berbeda menempati tiga besar di total 20 negara, termasuk Amerika Serikat.

"Ini hanya membuat saya tersesat sehingga begitu banyak bahasa dan budaya yang berbeda akan sampai pada suara yang sama pada saat bersamaan," kata Wattenberg seperti dilansir The Independent.

Nama Sofia itu sendiri berarti kebijaksanaan dalam bahasa Yunani dan mudah diucapkan dalam sejumlah bahasa internasional, yang mungkin bisa menjelaskan daya tarik global.

Nama ini juga penting bagi filsafat Helenistik dan mengacu pada dewi kebijaksanaan oleh kaum Gnostik.

Dalam beberapa alur kekristenan ortodoks, Hagia Sophia juga dipahami sebagai orang kedua dalam Tritunggal Mahakudus dan disebutkan dalam Perjanjian Lama.

Namun beberapa berspekulasi bahwa namanya melonjak dalam popularitas berkat selebriti seperti bintang Sofia Vergara dan Sophia Loren.

Sofia yang kurang terkenal yang mungkin berpengaruh dalam popularitas namanya, meski dalam skala yang lebih kecil, termasuk sutradara Sofia Coppola, model Sofia Ritchie dan Putri Sofia dari Swedia.