Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 3 November 2017 | 23:28 WIB
  • Bunga Jelitha dari Anak Gang ke Panggung Miss Universe

  • Oleh
    • Daurina Lestari,
    • Bimo Aria
Bunga Jelitha dari Anak Gang ke Panggung Miss Universe
Photo :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria
Bunga Jelitha Ibrani

VIVA – Sejak kecil, mentalitas juara memang telah terlihat dari sosok Bunga Jelitha Ibrani. Perempuan kelahiran 6 September 1991 ini, seolah tahu betul, bahwa garis hidupnya ialah menjadi seorang model profesional.

"Saya dahulu pernah dipanggil ke sekolah, karena Bunga sering bolos untuk ikut model. Gurunya bilang, 'ini kalau bolos terus bisa enggak lulus'. Saya cuma jawab, ya kalau memang tidak lulus enggak apa-apa, yang penting dia bertanggungjawab dengan pilihannya, walaupun akhirnya tetap lulus juga," kata Imron ayah Bunga Jelitha kepada VIVA di Jakarta, Jumat 3 November 2017.

Benar saja, hal itu dibuktikan olehnya dengan menjadi Juara Pertama Gading Model Search 2005. Meski demikian, Imron mengungkapkan bahwa Bunga adalah sosok anak yang sederhana. Dia adalah sosok yang keras terhadap impiannya.

"Walaupun enggak banyak bimbingan dari orang tua, tapi dia mengerti apa yang dia jalani dan enggak pernah minta support dari orang tua. Dia itu kalau dia suka, ya dia suka, tapi kalau enggak ya enggak," kata Imron.

Lahir dari orang tua yang menggeluti dunia seni dan hiburan, hanya dirinya lah yang mengikuti jejak orang tuanya. Hal itu dilakukannya tanpa paksaan, melainkan hasratnya terhadap dunia modeling. Imron sendiri tidak pernah memaksakan, kelak Bunga harus mengikuti jejaknya.

Tidak sia-sia, kian hari kariernya di dunia modeling semakin gemilang. Beberapa prestasi baik tingkat lokal maupun internasional berhasil dibawanya pulang.

Seperti diantaranya, The Best Model Bali Fashion Week 2008, Runner Up Best Swimsuit Supermodel International 2011, Supermodel International 2011, hingga yang terakhir membawa pulang mahkota Puteri Indonesia.

"Dia itu tipe yang mandiri, enggak banyak ngomong. Makanya saya haru dan enggak nyangka, saya tinggal di perkampungan, di sebuah gang di Percetakan Negara. Mudah-mudahan sampai nanti dia bisa menjadi Miss Universe membawa nama harum bangsa ini," kata Imron.

Saat terpilih menjadi Puteri Indonesia sendiri, beberapa pihak sempat meragukannya karena kala itu Bunga hanyalah lulusan SMA. Banyak yang menganggap bahwa terpilihnya Bunga hanya bermodalkan paras cantiknya. Memang kesibukannya di dunia modeling membuat Bunga sempat tidak melanjutkan pendidikannya.

Namun lagi-lagi hal itu dimentahkan olehnya, yang kini juga melanjutkan studi di Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Esa Unggul. Bahkan, Bunga juga memiliki  kepedulian antar sesama dan jiwa sosial yang tinggi. Terakhir dirinya juga menjadi Duta Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks.

Kini dalam waktu dekat Bunga juga akan mewakili Indonesia di Miss Universe. Bunga akan berkompetisi dengan sejumlah negara dalam gelaran yang diadakan di Las Vegas, Amerika Serikat ini.

"Harapan saya tentunya semoga dia bisa menjadi Miss Universe, membawa nama baik Indonesia di kancah dunia," kata Imron.