Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 8 November 2017 | 12:49 WIB
  • Ajakan Melestarikan Budaya RI pada Pernikahan Kahiyang-Bobby

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Bimo Aria
Ajakan Melestarikan Budaya RI pada Pernikahan Kahiyang-Bobby
Photo :
  • YouTube
Akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

VIVA – Akad nikah putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu menikah dan Bobby Nasution telah selesai digelar pagi hari tadi, Rabu, 8 November 2017. Acara yang digelar di gedung Graha Saba Buwana Solo ini telihat begitu kental dengan adat Solo, Jawa Tengah.

Turut hadir dalam resepsi tersebut, Slamet Rahardjo, aktor dan budayawan Indonesia. Ia menyebut, bahwa acara yang digelar dalam nuansa Solo klasik ini juga sebagai sebuah ajakan untuk terus melestarikan adat dan budaya Indonesia. Slamet menuturkan, bahwa masyarakat Indonesia sendiri lah yang harus melestarikannya.

"Saya kira tidak ada yang bisa menghargai budaya kita selain kita sendiri. Jadi sebagai putri presiden, ini contoh dan ajakan yang baik untuk kita semua," ucap Slamet, seperti disiarkan oleh tvOne.

"Ini ajakan untuk kembali ke akar budaya. Mungkin sesuai dengan tingkatan. Mungkin kalau rakyat biasa seperti kami tidak seperti ini, tapi ada nilai yang terkandung dalam acaranya,” ujarnya menambahkan.

Slamet melanjutkan, para generasi terdahulu juga punya peranan penting untuk menerjemahkan adat ini kepada generasi sekarang. Hal tersebut menurutnya, agar adat budaya tradisional yang luar biasa ini tidak hilang tergerus zaman.

“Saya kira yang klasik ini menjadi dasar, tapi saya bermimpi generasi now mengerti, agar generasi hari ini bisa menikmati dan melestarikan. Saya kira tidak ada yang lebih indah ketika jadi diri sendiri karena kita lahir orisinil," kata dia

Lebih jauh, Slamet juga memberikan pesan kepada dua mempelai yang tengah berbahagia karena telah resmi menjadi suami istri. "Saya menikah hampir 30 tahun dan cuma satu masalahnya, ucapkan ‘I love you’ tiap hari, karena memelihara cinta lebih sulit dari mendapatkannya,” ucap Slamet. (mus)