Ajakan Melestarikan Budaya RI pada Pernikahan Kahiyang-Bobby

Akad nikah Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Akad nikah putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu menikah dan Bobby Nasution telah selesai digelar pagi hari tadi, Rabu, 8 November 2017. Acara yang digelar di gedung Graha Saba Buwana Solo ini telihat begitu kental dengan adat Solo, Jawa Tengah.

Nyoblos Ditemani Kahiyang Ayu, Bobby Nasution: Semoga Pemilu Berjalan Lancar

Turut hadir dalam resepsi tersebut, Slamet Rahardjo, aktor dan budayawan Indonesia. Ia menyebut, bahwa acara yang digelar dalam nuansa Solo klasik ini juga sebagai sebuah ajakan untuk terus melestarikan adat dan budaya Indonesia. Slamet menuturkan, bahwa masyarakat Indonesia sendiri lah yang harus melestarikannya.

"Saya kira tidak ada yang bisa menghargai budaya kita selain kita sendiri. Jadi sebagai putri presiden, ini contoh dan ajakan yang baik untuk kita semua," ucap Slamet, seperti disiarkan oleh tvOne.

TERPOPULER: Respons Maia Estianty Bertemu Laura Moane dan Potret Anggun Kahiyang Ayu Berhijab

"Ini ajakan untuk kembali ke akar budaya. Mungkin sesuai dengan tingkatan. Mungkin kalau rakyat biasa seperti kami tidak seperti ini, tapi ada nilai yang terkandung dalam acaranya,” ujarnya menambahkan.

Slamet melanjutkan, para generasi terdahulu juga punya peranan penting untuk menerjemahkan adat ini kepada generasi sekarang. Hal tersebut menurutnya, agar adat budaya tradisional yang luar biasa ini tidak hilang tergerus zaman.

Potret Anggun Kahiyang Ayu Pakai Hijab Temani Bobby Nasution Bekerja

“Saya kira yang klasik ini menjadi dasar, tapi saya bermimpi generasi now mengerti, agar generasi hari ini bisa menikmati dan melestarikan. Saya kira tidak ada yang lebih indah ketika jadi diri sendiri karena kita lahir orisinil," kata dia

Lebih jauh, Slamet juga memberikan pesan kepada dua mempelai yang tengah berbahagia karena telah resmi menjadi suami istri. "Saya menikah hampir 30 tahun dan cuma satu masalahnya, ucapkan ‘I love you’ tiap hari, karena memelihara cinta lebih sulit dari mendapatkannya,” ucap Slamet. (mus)

Walikota Medan, Bobby Nasution dan istrinya, Kahiyang Ayu saat mencoblos di TPS 34, di Komplek Tasbi, Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Prabowo-Gibran Sapu Bersih Suara di TPS Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu Nyoblos

Capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo-Gibran menyapu bersih kemenangan di TPS 34 Blok VV, tempat Wali Kota Medan Bobby Nasution mencoblos

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2024