Jangan Lupa Bahagia, Ketahui Tips Hidup Happy Bebas Stres

Sumber :
  • Pixabay/StockSnap

VIVA – Untuk bahagia, ternyata tidak butuh cara yang rumit. Ada cara kecil yang sederhana, yang mampu membuat Anda bisa merasakan kebahagiaan dalam waktu yang singkat.

Finlandia Jadi Negara Paling Bahagia di Dunia, Terungkap Alasannya

Banyak orang di perkotaan, dengan kesibukannya masing-masing, mengeluhkan besarnya tekanan hidup yang dirasakan. Padahal, ada satu trik praktis yang akan membantu Anda lebih mudah menyadari kebahagiaan.

Dilansir dari laman Reader's Digest, Senin, 13 November 2017, sebuah studi terbaru menemukan, manusia pada umumnya akan merasa lebih tenang dan sejahtera, saat fokus memikirkan memori indah dengan beberapa orang terdekat. Bahkan, mengenang memori indah tadi lebih baik dibandingkan memiliki barang-barang berharga.

Indonesia Dapat Posisi 80 Besar Negara Paling Bahagia di Dunia, Segini Penilaiannya

Para ahli melakukan observasi melalui functional magnetic resonance imaging (fMRI) yang dipindai pada 20 peserta dan survei online pada 2.000 orang untuk mendalami tempat yang spesial bagi mereka. Hasilnya, beberapa tempat spesial yang terkenang, menjadi sumber kebahagiaan serta ketenangan perasaan.

"Teknologi otak seperti fMRI digunakan agar lebih memahami dampak tempat spesial yang terkenang oleh otak," ujar ketua peneliti, Nino Strachey.

20 Maret Diperingati sebagai Hari Kebahagiaan Sedunia, Teruslah Bahagia!

Dari hasil fMRI itu, peneliti melihat bahwa otak menjadi lebih emosional saat seseorang mengenang tempat spesialnya. Adalah amygdala, bagian otak yang memicu respons emosional tersebut.

Selain itu, para peserta juga diwawancara terkait kenangan pada tempat spesial yang mereka kenang. Rata-rata, tempat spesial itu berkaitan dengan keterikatan fisik dan emosional. 86 persen mengaku, "Tempat ini bagian dari diriku", 60 persen merasa, "Saya aman di tempat ini", dan 79 persen mengatakan, "Tempat ini seperti magnetku".

Ilustrasi: orang bekerja di kantor

10 Kebiasaan yang Membuat Karyawan Bahagia di Tahun 2024 Menurut Analisis

Sepuluh kebiasaan sederhana ini dapat membantu kamu yang sebagai seorang karyawan mencapai tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dan membawa kamu ke puncak kehidupan.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2024