Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Rabu, 15 November 2017 | 18:06 WIB
  • Saat IAPMO Renovasi Toilet di Sekolah Dasar Cikarang

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Adinda Permatasari
Saat IAPMO Renovasi Toilet di Sekolah Dasar Cikarang
Photo :
  • VIVA.co.id/ Adinda Permatasari
Para wna bantu bikin WC.

VIVA – Sebuah program Community Plumbing Challenge yang digagas oleh Yayasan International Water, Sanitation, and Hygiene (IWSH) bekerjasama dengan PT IAPMO Group Indonesia melakukan kegiatan CSR untuk memperbaiki sanitasi, toilet dan penampungan air bersih di SDN 02 Cicau, Cikarang.

Community Plumbing Challenge (CPC) 2017 di Indonesia merupakan program ketiga setelah dilakukan di India pada tahun 2015, dan Afrika Selatan pada tahun 2016. Cikarang pun menjadi lokasi pemilihan pelaksanaan program perdana di Indonesia yang dimulai sejak 9 November 2017 lalu.

Project Manager Internasional IWSH Sean Kearney mengatakan, SDN 02 Cicau Cikarang dipilih karena lokasinya yang sangat dekat dengan kantor IAPMO Indonesia. Sebagai proyek perdana, mereka ingin program ini bisa terus terjaga dan menjadi contoh bagi daerah lainnya.

"Jika kami melakukan di tempat lain, kami tidak ingin masyarakat melihat program ini selesai dan ditinggalkan begitu saja. Kami ingin program ini tetap terjaga hingga masa mendatang," ujar Sean saat mengunjungi pelaksanaan program CPC 2017 di SDN 02 Cicau, Cikarang, Rabu 15 November 2017.

Yang menarik, program ini didesain dan dikerjakan langsung oleh para profesional muda, guru, pekerja magang dari berbagai negara seperti Australia, Amerika Serikat, Singapura, India, dan Indonesia. Selama tujuh hari para profesional muda ini bekerja merenovasi toilet, membuat tempat mencuci tangan, membuat tempat penampungan air bersih yang baru, serta membuat sanitasi air yang lebih baik.

Managing Director IWSH Megan Lehtonen mengatakan, CPC 2017 merupakan program IWSH yang jangkauannya sangat luas dan penuh ambisi. Karena, program ini mengumpulkan para pemuda berbakat dari seluruh dunia untuk menyediakan air bersih dan sanitasi yang sehat serta mengajar pada anak-anak sekolah dan penduduk desa tentang betapa pentingnya sistem plambing bagi kesehatan.

Selain membangun dan merenovasi sistem sanitasi di SDN 02 Cicau, CPC 2017 bersama IAPMO Group Indonesia juga melaksanakan kegiatan pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan kepada siswa sekolah, dan pelatihan para guru dan siswa di SMK. Di hari yang sama IAPMO Group Indonesia juga menginisiasi pembentukan Asosiasi Plambing Indonesia yang didukung oleh beberapa perusahaan.