Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 16 November 2017 | 14:53 WIB
  • Cara Jenius Memanfaatkan Kantung Teh Bekas

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti
Cara Jenius Memanfaatkan Kantung Teh Bekas
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi kantung teh.

VIVA – Menyeduh teh celup seringkali hanya dimanfaatkan airnya, lalu kantung teh dibuang begitu saja. Padahal sesungguhnya, kantung teh memiliki banyak manfaat.

Setelah digunakan, jangan langsung dibuang karena memiliki kegunaan mulai dari menyuburkan tanah hingga menghilangkan bau sepatu.

Berikut cara jenius memanfaatkan kantung teh bekas seperti dilansir laman Times of India.

Jauhi tanaman dari jamur

Rebus kantong teh bekas dan gunakan air yang diseduh untuk menyirami tanaman. Ini akan melindungi tanaman dari segala jenis infeksi jamur. Anda juga bisa membuka kantong teh dan mencampur daun tehnya dengan tanah bagian atas. Ini sangat berguna menyuburkan lapisan atas tanah.

Mengusir bau pada sepatu

Biarkan sepatu bebas bau dengan memasukkan kantong teh kering (bekas) ke dalam sepatu. Kantong teh itu menyerap bau busuk pada sepatu.

Usir bau karpet

Kantung teh bekas, juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan dan menghilangkan bau karpet. Caranya, basahi kantung teh bekas dengan air hangat. Buka kantung teh dan oleskan daunnya pada karpet. Biarkan sampai daun mengering, gunakan vakum untuk membersihkan. Anda bisa memilih teh rasa seperti lemon atau mint untuk meninggalkan aroma yang sedap.

Pembersih kaca

Salah satu hal tersulit untuk dibersihkan di rumah adalah jendela kaca atau pintu. Yang harus Anda lakukan adalah memanfaatkan kantung teh dan membilasnya dengan air. Gunakan kain bebas serat untuk mendapatkan hasil yang sempurna

Pedikur

Teh memiliki khasiat yang mudah menghilangkan kulit mati dan antioksidan pada teh membantu meremajakan kulit. Ini adalah perawatan terbaik yang bisa Anda berikan pada kaki setelah hari yang panjang. Manfaatnya, bisa mengendurkan otot dan menyembuhkan rasa sakit atau bengkak.

Kondisioner rambut

Teh sudah cukup lama diketahui bermanfaat untuk menyeburkan rambut. Karena hal ini, kantung teh bekas juga bisa dimanfaatkan untuk menguatkan akar rambut yang lemah.

Usir lemak bandel di piring kotor

Sisa-sisa minyak seringkali susah dibersihkan saat menempel pada piring kotor. Tapi tahukah Anda, lemak yang menempel di piring bisa dengan mudah dibersihkan menggunakan kantung teh bekas. Caranya, celupkan kantung teh ke dalam air hangat untuk beberapa lama dan bersihkan piring dengan air itu. Bukan hanya menghilangkan lemak, tapi juga membuat piring bebas bakteri.

Untuk mandi

Daun teh merupakan sumber antioksidan hebat yang membantu peremajaan kulit. Celupkan kantong teh ke bak mandi dan ramuannya akan menghilangkan bau badan dan membuat kulit halus. Kantung teh ini, juga bermanfaat mengusir infeksi kulit.

Penyegar udara

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial favorit Anda ke kantong teh bekas dan gantung di rumah, kantor atau bahkan mobil Anda, dan kantung teh bekas ini bekerja seperti penyegar udara yang sempurna.