Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Minggu, 19 November 2017 | 18:09 WIB
  • Para Raja Suku Mandailing akan Hadiri Pernikahan Kahiyang

  • Oleh
    • Endah Lismartini,
    • Putra Nasution (Medan)
Para Raja Suku Mandailing akan Hadiri Pernikahan Kahiyang
Photo :
  • ANTARA Foto/R. Rekotomo
Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu.

VIVA – Pada acara pesta adat ngunduh mantu, Muhammad Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu di Medan akan dilakukan pemotongan 10 ekor kerbau. Pemotongan ini akan disaksikan oleh pengetua-pengetua adat.

Pesta adat khas mandailing ini, akan digelar kediaman Bobby, di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi) di Jalan Setia Budi, Medan, Jumat 24 November 2017. Hal ini, merupakan acara adat khusus bagi keluarga mengadakan pesta adat untuk kedua mempelai dengan kental tradisi mandailing atau disebut dengan Manalpokkon Lahan ni Horja (Memotong Kerbau).

"Untuk pesta adat, ada total 10 ekor kerbau. Belum tahu apakah ada perubahan. Menyembelihnya di rumah orangtua Bobby itu. Jadi ini masih dipersiapkan," ujar pemilik Focus Wedding Planner Resepsi Pernikahan Bobby Nasution-Kahiyang Ayu, Muhammad Fauzi kepada wartawan di Medan, Minggu, 19 November 2017.

Fauzi mengatakan pesta adat pernikahan Bobby Nasution-Kahiyang Ayu akan dihadari para raja dari Suku Mandailing berasal dari Sumatera Utara dan dihadiri ribuan undangan untuk menyaksikan pemotongan 10 ekor kerbau tersebut.

"Oleh karena acara adat pernikahan Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu ini adalah acara adat besar maka 'lahan ni horja' atau hewan yang disembelih untuk acara ini ialah kerbau," ujar Fauzi menjelaskan.

Untuk diketahui, Putri anak orang nomor satu di negeri akan diberikan marga Siregar dan pelaksanaan acara penambalan adat dengan menggelar upacara adat mandailing yang berlangsung di kediaman keluarga Bobby di Jalan STM, Medan, Sumatera Utara, Selasa, 21 November 2017.

Sementara itu, pesta adat mandailing dan resepsi Ngunduh mantu sendiri akan berlangsung di kediaman Bobby, di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi) di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara, selama dua hari dari tanggal 24 dan 25 November 2017.