Kenapa Mata Jadi Sering Berair saat Udara Dingin?

Ilustrasi musim dingin.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

VIVA – Mata terus menerus basah atau berair saat sedang berada di tengah-tengah udara dingin terjadi pada banyak orang di musim dingin. Baik itu di siang maupun malam hari. Tapi mengapa hal itu terjadi?

Peduli Akan Kesehatan Mata Dengan Vitamin Mata Terbaik Eyebost

Sebenarnya itu disebabkan oleh udara dingin membuat mata Anda menjadi super kering. Ya, udara dingin yang kering membuat mata dehidrasi, sehingga mereka mulai bekerja lebih keras untuk memproduksi pelumas, agar bisa melihat dengan jelas. Demikian dilansir dari laman Metro.co.uk, Senin, 20 November 2017.

Refleks ini kemudian membanjiri saluran air mata dan Anda mulai terlihat seperti manusia 'selang air' yang meneteskan air mata terus menerus. Semakin kurang lembap atmosfer yang ada di sekitar Anda, semakin sensitif mata Anda.

Musim Dingin Ekstrem di Mongolia: Jutaan Hewan Mati

Tak hanya itu, menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan, jika panjang bulu mata Anda sepertiga dari lebar mata Anda, maka kelembapan dari mata tidak akan menguap banyak. Ini akan membuat mata Anda tetap lembap dan dilumasi dengan baik.

Jadi semakin pendek bulu mata, semakin mudah mata dehidrasi di musim dingin. Untuk itu, selalu bawa obat tetes mata saat Anda berada di tempat bersuhu dingin. Ekstensi bulu mata juga bisa menjadi salah satu pilihan lain.

Soal Layanan Kesehatan Mata, Menkes: Penglihatan Jadi Komponen Kunci Kualitas Hidup Masyarakat
Teknologi mutakhir SMILE

Transformasi Digital Kian Optimalkan Kualitas Layanan Kesehatan Mata

Transformasi digital pada dunia kesehatan terus mengalami perkembangan dalam upaya peningkatan kualitas layanan serta optimalisasi penerapan efisiensi di berbagai aspek.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024