Makna di Balik Pemotongan Kerbau di Ngunduh Mantu Kahiyang

Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.
Sumber :
  • Instagram @allseasonsphoto

VIVA – Prosesi ngunduh mantu putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution dilaksanakan mulai Jumat pagi, 24 November 2017 di kediaman keluarga mempelai pria, Kompleks Setia Budi Indah, Medan, Sumatera Utara.

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Sekitar 15 prosesi adat dijalani  dua pengantin baru ini. Manalpokhon Lahan ni Horja adalah rangkaian pertama yang akan mengawali prosesi ini. Prosesi adat tersebut ditandai dengan menyembelih satu ekor kerbau dengan disaksikan oleh ketua adat.

Menurut berbagai sumber, pemotongan kepala kerbau adalah simbol kebesaran adat Batak Mandailing. Nantinya, kepala kerbau yang menjadi lambang tertinggi kebesaran adar Batak ini akan dipasang di depan rumah Bobby. Prosesi itu dilakukan untuk menyuarakan kepada sanak saudara dan handai taulan adanya acara pernikahan yang akan berlangsung sebentar lagi.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut

Setelah pemotongan kerbau, dilanjutkan dengan Manortor (menari Tor-tor) oleh pihak tuan rumah.

Dalam adat Batak Mandailing, prosesi Manalpokhon Lahan ni Horja seringkali juga diikuti dengan prosesi lain, yakni Mangalehen Mangan, yang berarti pemberian makan terakhir, dinamakan Upah-upah. Ini adalah makanan besar Tapanuli Selatan yang biasa diadakan di acara spesial.

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Seperti tumpeng dalam adat Jawa, Upah-upah bermakna sebagai pemberian makan terakhir dari kedua orang tua diikuti pemberian nasihat-nasihat.

Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman.(dok Pemko Medan)

Anak Buah Bobby Nasution Ditunjuk Jadi Pj Bupati Deli Serdang

Anak buah Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution atau Bobby Nasution, yakni Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman diputuskan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024