Pagi hingga Malam, Ini Rangkaian Pesta Adat Kahiyang-Bobby

Melihat Prosesi Pemberian Marga Kepada Kahiyang Ayu
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA – Kahiyang Ayu Siregar dan suaminya Bobby Nasution akan menjalani rangkaian pesta pernikahan adat Mandailing, Jumat, 24 November 2017. Sejumlah rangkaian persiapan pesta adat terus dilakukan pihak penyelenggara pesta ngunduh mantu.

Ayunya Lima Seleb Hadiri Pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan

Dari reportase tvOne, panitia telah menyiapkan seluruh dekorasi seperti tempat pelaminan maupun dekorasi tenda.

Acara adat hari ini dibuka dengan prosesi pemotongan kerbau yang telah berlangsung pukul 06.00 di rumah keluarga Bobby Nasution di Perumahan BHR Tasbi, Medan, Sumatera Utara. Ada 10 ekor kerbau yang disiapkan, namun khusus untuk hari ini hanya satu ekor yang dipotong. 

Menteri Kabinet Kerja Bahas Pernikahan Kahiyang dan Bobby

Acara berikutnya adalah Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan. Gordang Sambilan adalah alat musik khas Mandailing untuk mengiringi saat menari tortor. Upacara Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan ini berbarengan dengan mendirikan bendera-bendera adat sebagai pertanda horja atau pesta besar.

Rangkaian acara hari ini dilanjutkan Manggalangang (Manortor). Kemudian dilanjutkan Mangalo-alo Mora atau menyambut kedatangan Mora, yaitu sang pemberi anak gadis.

Jokowi Minta Maaf ke Warga Medan 

Hari ini pula ada sidang adat yang dihadiri raja-raja dari Sumatera Utara. Sidang adat ini juga akan membahas rencana pemberian gelar untuk kedua mempelai. Rencananya acara ini akan berlangsung hingga malam, selama tiga hari dari 24-26 November 2017. (ase)

Kapolda Sumut Irjen Pol. Paulus Waterpauw.

Gawe Jokowi Aman, Kapolda Sumut Dapat Apresiasi

Pernikahan putrinya, Kahiyang Ayu, berjalan lancar.

img_title
VIVA.co.id
30 November 2017