Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 07:56 WIB
  • Pagi hingga Malam, Ini Rangkaian Pesta Adat Kahiyang-Bobby

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Pagi hingga Malam, Ini Rangkaian Pesta Adat Kahiyang-Bobby
Photo :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Melihat Prosesi Pemberian Marga Kepada Kahiyang Ayu

VIVA – Kahiyang Ayu Siregar dan suaminya Bobby Nasution akan menjalani rangkaian pesta pernikahan adat Mandailing, Jumat, 24 November 2017. Sejumlah rangkaian persiapan pesta adat terus dilakukan pihak penyelenggara pesta ngunduh mantu.

Dari reportase tvOne, panitia telah menyiapkan seluruh dekorasi seperti tempat pelaminan maupun dekorasi tenda.

Acara adat hari ini dibuka dengan prosesi pemotongan kerbau yang telah berlangsung pukul 06.00 di rumah keluarga Bobby Nasution di Perumahan BHR Tasbi, Medan, Sumatera Utara. Ada 10 ekor kerbau yang disiapkan, namun khusus untuk hari ini hanya satu ekor yang dipotong. 

Acara berikutnya adalah Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan. Gordang Sambilan adalah alat musik khas Mandailing untuk mengiringi saat menari tortor. Upacara Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan ini berbarengan dengan mendirikan bendera-bendera adat sebagai pertanda horja atau pesta besar.

Rangkaian acara hari ini dilanjutkan Manggalangang (Manortor). Kemudian dilanjutkan Mangalo-alo Mora atau menyambut kedatangan Mora, yaitu sang pemberi anak gadis.

Hari ini pula ada sidang adat yang dihadiri raja-raja dari Sumatera Utara. Sidang adat ini juga akan membahas rencana pemberian gelar untuk kedua mempelai. Rencananya acara ini akan berlangsung hingga malam, selama tiga hari dari 24-26 November 2017. (ase)