Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 08:12 WIB
  • Tetua Adat Berkumpul Memberikan Doa untuk Kahiyang-Bobby

  • Oleh
    • Anisa Widiarini
Tetua Adat Berkumpul Memberikan Doa untuk Kahiyang-Bobby
Photo :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Melihat Prosesi Pemberian Marga Kepada Kahiyang Ayu

VIVA – Sejumlah pria menggunakan jas hitam terlihat berkumpul dan duduk melingkar. Mereka adalah para tetua dan tokoh adat mandailing. Para tetua ini berkumpul di kediaman Bobby Nasution setelah prosesi Manalpokkon Lahanan atau pemotongan kerbau yang berlangsung pukul 06.00 di Perumahan BHR Tasbi, Medan, Sumatera Utara.

Berdasarkan laporan tvOne, semua tokoh adat Mandailing ini memberikan nasihat dan masukan untuk keberkahan pernikahan dan rangkaian acara adat Kahiyang Bobby yang akan berlangsung selama tiga hari, terhitung 24 hingga 26 November 2017. 

Nasihat dan masukan yang diberikan tetua adat dengan bahasa Batak dan diiringi dengan lantunan gendang onak-onak. 

Acara berikutnya yang akan berlangsung adalah Manyantan Gondang dan Gordang Sambilan. Gordang Sambilan adalah alat musik khas Mandailing untuk mengiringi saat menari tortor. Upacara manyantan Gondang dan Gordang Sambilan ini berbarengan dengan mendirikan bendera-bendera adat sebagai pertanda horja atau pesta besar.

Rangkaian acara hari ini dilanjutkan Manggalangang (Manortor). Kemudian dilanjutkan Mangalo-alo Mora atau menyambut kedatangan Mora, yaitu sang pemberi anak gadis. (ase)