Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 12:13 WIB
  • Ada Prosesi Usir Roh Jahat di Pernikahan Kahiyang-Bobby

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Putra Nasution (Medan)
Ada Prosesi Usir Roh Jahat di Pernikahan Kahiyang-Bobby
Photo :
  • Youtube.com
Pesta Adat Mandailing Bobby Nasution - Kahiyang Ayu

VIVA – Pesta adat pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution digelar hari ini. Prosesi Manalpokkan Ni Horja atau adat penyembelihan kerbau dilanjutkan dengan menggelar Manyantan Gordang Sambilan Dohot Gondang.

Acara adat etnis Mandailing itu digelar di kediamanan Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi) di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara, Jum'at 24 November 2017. Ketua Sutan Raja Pinayungan, Hendrisyah Harahap mengatakan, acara Manyantan Gordang Sambilan Dohot Gondang merupakan prosesi pemukulan gondang.

"Acara ini dalam adat adalah untuk mengusir roh-roh jahat untuk kesuksesan acara ini berlangsung," kata Hendrisyah di Medan, Sumatera Utara, Jumat, 25 November 2017.

Dia menjelaskan, usai menggelar proses adat tersebut, dilanjutkan dengan tarian adat atau manortor oleh suhut bolon. Ia mengungkapkan suhut bolon menjadi manortor pertama yang dilaksanakan di acara adat hari ini.

"Manortor diikuti oleh para pihak keluarga," ujar Hendrisyah.

Ia mengatakan, tujuan manortor itu adalah memberikan penghormatan kepada para tamu undangan yang telah hadir. Dalam acara itu juga dihadiri oleh kelompok keluarga, di antaranya Kahanggi Pariban atau Pariban semarga, Raja Nasution, Raja Lubis, Raja Panusunan, Namora Nisuhut dan terakhir Namora Kahanggi Pariban.

"Kita persembahkan prosesi adat ini, untuk kebahagiaan kedua pengantin baru itu," ucapnya.