Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 15:37 WIB
  • Meriahnya Sidang Adat Raja-Raja di Pernikahan Kahiyang-Bobby

  • Oleh
    • Tasya Paramitha
Meriahnya Sidang Adat Raja-Raja di Pernikahan Kahiyang-Bobby
Photo :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Kemeriahan Acara Ngunduh Mantu Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

VIVA – Rangkaian acara Ngunduh Mantu Bobby Nasution dan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu sudah mulai digelar sejak 21 November 2017. Setelah acara pemberian marga Siregar kepada Kahiyang, masih ada deretan prosesi adat yang menanti.

Salah satunya adalah Maralok Alok, yang mana merupakan sidang para raja yang dilakukan untuk menggelar pesta Ngunduh Mantu. Menurut informasi yang telah dihimpun VIVA, Jumat, 24 November 2017, Maralok Alok juga bisa diartikan sebagai pidato adat dalam sebuah acara adat Suku Batak.

Sebagai informasi, ada puluhan raja dari marga berbeda yang mengikuti sidang tersebut, mulai dari Nasution, Siregar, Hasibuan, Harahap dan masih banyak lagi.

Dari siaran kabar terkini tvOne, siang ini, salah satu perwakilan dari pihak keluarga Bobby mengutarakan bahwa sidang adat tersebut dilakukan untuk mendapat persetujuan dari seluruh raja-raja dalam menggelar pesta adat ini.

"Tujuannya untuk meminta pendapat terkait dengan pelaksanaan pesta ini, agar berjalan dengan baik," ucapnya.

Selain itu, nantinya keduanya pun akan melaksanakan pemberian gelar mengingat keduanya merupakan keturunan dari bangsawan.

Setelah sidang selesai, waktunya ishoma dan diikuti dengan acara makan malam Margalanggang, yaitu Manortor (menari Tor-tor) yang akan dilakukan oleh seluruh raja yang hadir. Margalanggang sendiri rencananya akan berlangsung semalam suntuk hingga Sabtu pagi, 25 November 2017. Rangkaian acara ngunduh mantu akan ditutup dengan resepsi yang akan digelar hari Minggu, 26 November 2017. (hd)