Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 20:00 WIB
  • Margalanggang Kahiyang-Bobby Digelar Semalam Suntuk

  • Oleh
    • Tasya Paramitha
Margalanggang Kahiyang-Bobby Digelar Semalam Suntuk
Photo :
  • Youtube.com
Pesta adat ngunduh mantu Bobby Nasution dan Kahiyang Ayu.

VIVA – Pesta adat ngunduh mantu Bobby Nasution dan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu masih terus berlangsung malam ini, Jumat, 24 November 2015. Rangkaian prosesi adat juga telah dilakukan oleh keduanya, termasuk pihak keluarga, tetua dan komunitas adat sejak pagi tadi pukul 06.00 WIB.

Malam ini acara akan dilanjutkan dengan Margalanggang atau Manortor (menari Tor-tor). Rencananya, prosesi tersebut akan dibuka oleh Suhut, tetua adat bermarga Nasution, Lubis dan lain-lain yang berasal dari Mandailing.

Tak hanya itu, tari Tor-tor juga akan dilakukan oleh ibunda Bobby, Ade Hanifah Siregar beserta ibu-ibu lain dan Raja Panusunan. Menurut berbagai sumber, Raja Panusunan pada acara ngunduh mantu Bobby dan Kahiyang adalah H Pandopotan Nasution bergelar Patuan Kumala Pandapotan. Raja Panusunan sendiri adalah raja yang yang memimpin sidang adat suku Batak Mandailing.

Dalam acara tersebut, seluruh tetua adat berikut ibu-ibu dan keluarga juga kerabat yang hadir diharapkan untuk ikut Manortor. Itu merupakan pertanda bahwa semua orang bergembira dan bersuka cita menyambut kedatangan Kahiyang sebagai anggota baru keluarga besar mereka.

Sebagai informasi, prosesi Margalanggang akan berlangsung semalam suntuk hingga Sabtu pagi, 25 November 2017. Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana dijadwalkan akan hadir besok untuk mengikuti sejumlah prosesi adat selanjutnya, salah satunya Tapian Raya Namartua.

Ini merupakan acara Marpangir, yakni menghanyutkan masa remaja dan menjadi penanda Bobby dan Kahiyang kini telah resmi menjadi orang dewasa sebagai suami istri.