Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Jumat, 24 November 2017 | 18:16 WIB
  • Pesan Penting untuk Bangun Keluarga Kuat

  • Oleh
    • Lutfi Dwi Puji Astuti,
    • Adinda Permatasari
Pesan Penting untuk Bangun Keluarga Kuat
Photo :
  • Pixabay/ myphotojourneys
Ilustrasi Keluarga

VIVA – Setiap keluarga memiliki pesan atau nilai yang selalu dipegang teguh. Pesan ini lah yang berperan dalam membangun kekuatan dalam keluarga.

Menurut sosiolog Universitas Indonesia Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc, pesan yang cukup sering muncul dari keluarga-keluarga Indonesia adalah kebersamaan.

"Selain itu, ada pesan tentang keterbukaan, kasih sayang, kemandirian, toleransi pada perbedaan pendapat, kepercayaan, sopan santun, dan keharmonisan," ujar Paulus dalam acara Puncak Kampanye '95 Pesan untuk Masa Depan' Frisian Flag di Gandaria City, Jakarta, Jumat 24 November 2017.

Paulus melanjutkan, ini menunjukkan bahwa meski di era media sosial, keluarga Indonesia justru semakin rindu berkumpul walaupun gawai mempermudah komunikasi tanpa perlu tatap muka.

Paulus juga menekankan pesan-pesan kearifan tersebut penting untuk membangun keluarga yang kuat. Dan pada akhirnya, akan membentuk bangsa yang kuat.

Keluarga harus tetap menjaga pesan-pesan tersebut dan mengupayakan agar terwujud, apalagi di tengah situasi saat ini yang banyak terjadi konflik, karena tidak bisa menerima perbedaan pandangan.

"Konflik tersebut dipertajam dengan tutur kata yang kurang apik di berbagai media sosial," katanya.

Namun, jika pesan kearifan itu benar-benar diwujudkan dan diwariskan terus-menerus dalam keluarga sebagai unit terkecil masyarakat, konflik seperti itu dapat diredam.

Pesan-pesan kearifan yang dirangkum oleh Paulus di atas merupakan pesan yang terkumpul dari 12.000 lebih pesan kearifan yang dikirimkan oleh belasan ribu keluarga Indonesia dari berbagai daerah di Indonesia.

Pesan ini dikumpulkan sebagai bagian dari kampanye ‘95 Tahun Frisian Flag’ dengan mengajak keluarga Indonesia berbagi kearifan masing-masing. (art)