Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 25 November 2017 | 13:17 WIB
  • Ibu Bobby Siap Jadi Teman Curhat Kahiyang

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Putra Nasution (Medan)
Ibu Bobby Siap Jadi Teman Curhat Kahiyang
Photo :
  • YouTube
Prosesi Adat Pernikahan Kahiyang - Bobby

VIVA – Ade Hanifah Siregar, ibunda Bobby Nasution, memberikan nasihat perkawinan atau disebut dengan Ajar Poda di pesta adat pernikahan putranya dengan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi) di Jalan Setia Budi, Medan, Sumatera Utara, masih berlangsung Sabtu siang, 25 November 2017.

"Alhamdullilah, pertama kali Mama ucapkan sama kalian (Bobby Nasution-Kahiyang Ayu). Mama dan para hadirin semua mendoakan kalian menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warahmah," ucap Ade saat memberikan petuah dalam acara Ajar Poda.

Dia menasihati Bobby meski merupakan anak bungsu di keluarga, namun setelah berkeluarga harus menjadi pemimpin atau kepala rumah tangga yang mengayomi Kahiyang Ayu dan keluarga besar. Ade juga meminta agar mereka saling mengingatkan.

"Kalian harus seiya-sekata. Kalau ada yang salah saling mengingatkan satu sama yang lain," tuturnya.

Dia juga mengungkapkan rasa bahagia atas pernikahan Bobby-Kahiyang. Dia berdoa agar mereka bahagia lantaran kebahagiaan anak adalah kebahagiaan orangtua.

Selain itu, dia juga meminta Bobby tetap pada pendirian dan menjaga nama baik keluarga. Ade juga meminta Kahiyang mengingatkan Bobby jika salah dan jangan segan-segan untuk curhat atau minta bantuan kepadanya jika perlu.

"Satu lagi yang penting, jangan tinggalkan salat karena itu tiang agama. Hidup tidak ada artinya tanpa salat karena salat akan membawa kebahagiaan lahir batin, dunia dan akhirat," ujarnya.

Sementara jumlah tamu yang datang hari ini lebih banyak dibanding sebelumnya, diperkirakan mencapai 5.000. Banyak tamu yang sempat tertahan di pintu depan masuk komplek BHR Taman Seti Budi Medan karena pasukan pengamanan melakukan pemeriksaan ketat terhadap seluruh tamu yang hendak hadir dalam pesta adat dan resepsi pernikahan putri semata wayang Presiden Joko Widodo, pagi hingga siang hari ini.

Satu per satu tamu diperiksa undangannya bersama pemeriksaan barang bawaan oleh tamu seperti tas dan lain-lainnya. Menumpuknya tamu yang hadir, karena satu undangan dihadiri lebih dua orang. Padahal satu undangan hanya berlaku untuk dua orang.

Setelah melalui pemeriksaan, mereka baru diperbolehkan masuk ke dalam dengan berjalan kaki sekitar 20 menit ke tenda utama acara pernikahan Bobby Nasution-Kahiyang Ayu. Petugas gabungan sempat kewalahan mengatur tamu yang sudah hadir dan membludak.

Acara adat selama dua hari ini sudah rampung digelar. Dan besok, Minggu, 26 November 2017 akan digelar resepsi.