Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Selasa, 28 November 2017 | 17:56 WIB
  • Cara Mudah Lulus Tes Bahasa Korea

  • Oleh
    • Jujuk Ernawati,
    • Ayu Utami Paramitha
Cara Mudah Lulus Tes Bahasa Korea
Photo :
  • VIVA.co.id/Ayu Utami Paramitha
Buku K-Job Korean

VIVA – Pesatnya perkembangan Korea Selatan tak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan asal Indonesia, tapi juga menjadi magnet bagi sejumlah masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di negeri berjuluk ginseng tersebut.

Setiap tahunnya, jumlah calon tenaga kerja asal Indonesia ke negara itu cenderung meningkat. Jumlahnya bisa mencapai 4.000 orang tiap tahunnya.

Para calon tenaga kerja berasal dari berbagai latar belakang pendidikan mulai dari Sekolah Menengah Kejurusan (SMK), lulusan Balai Latihan Kerja (BLK), politeknik dan perguruan tinggi.

Direktur Utama Korean Language Culture (KLC), Eka Mutya Yuliandarin bahwa calon tenaga kerja yang ingin bekerja di Korea harus lolos tes bahasa Korea atau biasa disebut dengan EPS Topik.

"Kita sadar dalam era globalisasi, bahasa menjadi alat utama dalam menjalin kominikasi dengan negara asing. Dengan menguasai bahasa, dunia menjadi kecil sejalan dengan perkembanagan teknologi komunikasi dan informasi," ucapnya saat ditemui VIVA saat soft launcing K-Job Eps Topik Book di Korean Cultural Center Indonesia di Jakarta, Selasa, 28 November 2017.

Di dalam buku ini ada dua pokok bahasan, yaitu materi ajaran dan materi tes. Buku ini mengajarkan bagaimana cara belajar cepat dan cara agar dapat lulus dengan baik dalam tes EPS Topik, khususnya bagi para peminat bahasa Korea yang ingin bekerja di Korea Selatan.

Di buku ini ada 30 Chapters (Eps Topik 1) dan 2 Chapters (Eps Topik 2), terdapat 3 mock test. Materi buku fokus pada Vocabulary, Practice, Listening Practice, Reading Practice dan Grammar.

Selain dalam bentuk tulisan, buku ini juga dilengkapi dengan topik pembelajaran melalui video agar lebih mudah untuk dimengerti. Di samping itu, juga dilengkapi dengan sebuah tes yang hampir mirip dengan tes EPS, sehingga Anda tidak akan kaget namun terbiasa dalam mengikuti tes tersebut.

Sementara Profesor Jeoung-Sun Bae, Ph,D bersama penulis lainnya menghabiskan waktu lebih dari satu tahun membuat buku tersebut. Menurut dia, yang paling penting supaya lulus tes bahasa Korea atau EPS adalah vocabulary, sehingga tim membuat lebih banyak vocabulary agar pembaca mudah mengerti dan memahami berbahasa Korea.

"Salah satu cara agar cepat bekerja di Korea adalah memiliki nilai yang tinggi dalam tes bahasa Korea atau EPS. Buku ini dibuat untuk mempermudah Anda memahami bahasa Korea, dan bagaimana cara untuk lulus tes EPS dengan baik dan dengan nilai tinggi," tuturnya.

Buku EPS Topik dijual secara luring di sejumlah toko buku di Indonesia. Selain itu, juga dipasarkan secara daring dengan harga Rp100 ribu hingga Rp150 ribu.