Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Senin, 4 Desember 2017 | 12:47 WIB
  • Gerakan Bela Diri yang Wajib Diketahui Wanita

  • Oleh
    • Tasya Paramitha,
    • Adinda Permatasari
Gerakan Bela Diri yang Wajib Diketahui Wanita
Photo :
  • Pixabay/pgottschalk
Ilustrasi wanita bela diri.

VIVA – Wanita seringkali menjadi target dari predator seksual, dan mempelajari bagaimana melindungi diri dapat mencegah Anda menjadi korban penyerangan. Memiliki pengetahuan dasar bela diri tidak hanya memberdayakan Anda sebagai wanita, tapi juga bisa menjadi penyelamat nyawa Anda suatu hari.

Setiap tahun, ada rata-rata 207.754 kasus pemerkosaan dan pelecehan seksual, dan wanita yang menjadi korban perkosaan terjadi setiap dua menit. Jika Anda berpikir bahwa pelecehan seksual hanya terjadi pada orang lain adalah kesalahan besar.

Anda seharusnya memiliki rencana dan menyiapkan mental jika terjadi sebuah serangan. Mempelajari beberapa gerakan dasar bela diri bisa membuat perbedaan yang sangat nyata.

Dilansir dari laman She Knows, Senin, 4 Desember 2017, salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mencegah diri Anda menjadi korban penyerangan. Mencegah serangan terjadi adalah bela diri terbaik yang Anda miliki.

Ada beberapa hal kunci yang bisa Anda lakukan sebagai pencegahan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Waspada terhadap sekeliling Anda

Hindari pengalih perhatian seperti iPod atau berbicara di ponsel saat berada di tempat umum. Parkir kendaraan dan berjalanlah di area yang penerangannya baik dan waspada terhadap siapa saja yang ada di sekitar Anda.

Buat kontak mata dengan orang tak dikenal

Membuat kontak mata dengan calon predator akan membuat Anda tidak begitu diincar sebagai korban. Saat Anda melakukan kontak mata, tunjukkan pada calon pelaku bahwa Anda tahu siapa mereka dan bisa mengidentifikasi mereka dari sekelilingnya.

Amankan kendaraan

Jangan buka kunci mobil dari jarak jauh, dan jangan duduk lama di dalam mobil. Sebaiknya, segera kunci mobil dan langsung tancap gas.

Jika serangan terjadi, buatlah suara kencang dan bersikaplah tegas. Dorong penyerang dan katakan padanya untuk mundur. Ini akan memberitahu penyerang bahwa Anda bukanlah korban yang mudah.

Buat jarak selebar mungkin dengan penyerang. Ketika dia datang menyerang, kenali kelemahan penyerang dan lihat target spesifik.

Mata

Garuk, cakar, atau cungkil mata penyerang. Serangan ini tidak hanya menyebabkan sakit tapi juga merusak pandangannya sementara, sehingga membuat Anda bisa melarikan diri.

Hidung

Gunakan ujung telapak tangan Anda, dorong tangan Anda ke bawah hidungnya. Jika dia ada di belakang Anda, gunakan sikut Anda, dan kerahkan beban Anda ke sikut.

Leher

Leher adalah area yang sangat rapuh karena banyak terdapat pembuluh darah besar.

Lutut

Lutut menjadi area yang rapuh dari setiap sudut, dan tendangan dengan target pasti bisa menyebabkan kerusakan yang parah.

Pangkal paha

Area ini merupakan area sensitif dan bisa menjadi target yang baik untuk tendangan atau sikut Anda.

Mampu menyelamatkan diri membutuhkan perencanaan dan prediksi. Jadi, siapkan diri Anda.