Pecahkan Rekor Dunia, Pelangi di Taiwan Muncul Selama 9 Jam

Gambar pelangi.
Sumber :
  • AsiaWire

VIVA – Pelangi umumnya pelangi hanya bisa bertahan dalam hitungan menit, tapi ada beberapa pelangi yang muncul dalam waktu lama. Namun yang bertahan sampai berjam-jam sangat jarang. 

Pegunungan di China Zhangye Danxia Warna-warni, Benarkah Tercantum Dalam Al-quran?

Saat ini Yorkshire memegang gelar dunia sebagai pelangi terlama muncul di langit, dengan bertahan selama enam jam. Sangat mengesankan. Tapi ada pelangi baru yang berhasil bertahan lebih lama di tempat kejadian lain, dan akan tercatat berhasil memecahkan rekor dunia jika dikonfirmasi otoritas Guinness World Record.

Dilansir Metro.co.uk, Selasa 5 Desember 2017, sebuah pelangi di Taiwan telah menjadi viral setelah bertahan selama sembilan jam. Ini dimulai pada pagi hari 30 November 2017, dan tetap menggantung di langit sepanjang hari, menurut para periset di Chinese Culture University di Taipei.

Paham Budaya Indonesia, Coldplay Ganti Bendera Pelangi Jadi Putih Bertuliskan Cinta

Mereka sangat gembira sehingga mereka memotretnya dari semua sudut untuk mengumpulkan bukti bahwa mereka harus mengalahkan rekor sebelumnya, yang ditetapkan 23 tahun yang lalu. Pelangi ini membentang hampir seluruh kota Taipei.

Viral Penampakan Awan dengan Warna Pelangi, Pertanda Apa?

Profesor Liu Ching-hwang bersama Atmospheric Sciences Departement dari Chinese Culture University mengatakan, bahwa pelangi yang memecahkan rekor tersebut terjadi sekitar pukul 07.15 pagi dan berlangsung sampai jam empat sore waktu Taipei.

 "Karena daerah setempat (di Kabupaten Shilin dan angin timur laut musiman, kelembapan sering terkumpul di sini dan mengembun menjadi hujan, yang menyebabkan pelangi saat ada sinar matahari," katanya.
 
Bahkan, tiga hari sebelumnya pengamat iklim di Chinese Culture University mulai merekam data pelangi lain yang berlangsung sekitar enam jam.

Gambar yang menjadi viral di media sosial menunjukkan gambar pelangi dari berbagai sudut, dengan orang-orang mengatakan bahwa mereka 'tidak pernah melihat pelangi dengan sangat jelas' dalam kehidupan mereka. Staf di universitas sekarang mengumpulkan bukti untuk mencatatkannya pada Guinness world Record.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya