Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Kamis, 7 Desember 2017 | 16:44 WIB
  • 5 Tips Bikin Genk ala Girls Squad

  • Oleh
    • Alika Noor
5 Tips Bikin Genk ala Girls Squad
Photo :
  • Pixabay
Ilustrasi Mom Squad

VIVA – Meski sibuk menjalani peran sebagai istri dan ibu, sebaiknya Anda tetap menyediakan waktu bersama sahabat. Alasannya, "Karena persahabatan adalah salah satu kunci kebahagiaan bagi semua wanita," begitu kata Nora de Hoyos Comstock Ph.D., pendiri komunitas jejaring sosial untuk masyarakat Latin di Amerika.

"Sembari merawat keluarga, Anda memerlukan teman yang bisa diajak bicara, dapat diandalkan dalam beberapa hal, serta mengingatkan saat Anda berbuat salah," imbuh wanita yang juga menulis buku tentang Sisterhood dan pertemanan itu.

Jika pertemuan Anda bersama sahabat terbilang intens, tak ada salahnya untuk mulai memikirkan untuk membentuk genk 'Mom Squad' atau kumpulan ibu-ibu. Siapa tahu pola pertemanan seperti ini akan menjadi tren di kalangan ibu-ibu milenial. Bila mau mengambil satu contoh genk ibu-ibu di kalangan figur publik Indonesia, sebut saja Girls Squad, yang beranggotakan Nia Ramadhani, Jessica Iskandar, dan wanita sosialita lainnya.

Tapi, sebelum Anda mulai merekrut anggota genk, ada baiknya untuk mempertimbangkan beberapa aturan ini, sebagaimana dilansir dari laman Parents pada Rabu, 7 Desember 2017.

1. Merangkul setiap perbedaan
Anda dan teman-teman tentu memiliki latar belakang yang beragam. Tak masalah jika seorang wirausaha, sahabat Anda Public Relation, atau lainnya. Yang utama adalah Anda harus menyediakan ruang di hati untuk sanggup menerima dan merangkul setiap perbedaan. Dampak dari penerimaan itu, Anda akan merasakan harmoni dalam persahabatan yang saling membangun satu sama lain.

2. Tetap menjaga hubungan
Sesekali Anda dan teman-teman memiliki urusan yang menjadi prioritas. Bisa dengan anak, suami, atau sedang di luar kota. Meski begitu, usahakan untuk tetap saling menjalin hubungan. Teknologi akan membantu Anda melakukannya. Minimal, Whatsap atau video call sebentar.

Jika ingin bertemu, jadwalkan sejak jauh-jauh hari dan pastikan semua anggota sepakat tentang waktu dan tempat. Ketika pertemuan itu terjadi, percayalah akan banyak sekali curhatan mengenai kisah puting susu lecet karena menyusui, merek shampo bayi favorit, hingga ide kencan dengan suami.   

3. Dukungan lebih berarti daripada saran
Dalam hal ini dukungan yang dimaksud bisa berupa bentuk pemahaman pada teman, dan tidak memaksakan pendapat. Sahabat Anda mungkin akan mengeluh saat menghadapi masalah tertentu. Terkadang ia hanya sedang butuh seseorang untuk menjadi pendengar. Ingat selalu prinsip: "Hanya karena saya melakukan sesuatu, tidak berarti orang lain juga harus melakukannya."

4. Jangan pernah menggunjing sahabat sendiri
Sangat mudah menghakimi orang lain dengan menggunjing ketika ia berbuat salah. Tapi jika itu adalah teman Anda sendiri, jangan pernah melakukannya. Ini adalah kunci kelanggengan dan kebahagiaan genk Anda. Lagipula tidak ada satu pun orang di dunia ini yang suka digunjing, kan?

5. Anda lebih dari seorang ibu
Genk squad seolah punya aturan tersirat bahwa mereka ingin kualitas hidup yang terus bertumbuh. Sukses karir, bisnis, dan harmonis di keluarga. Menjadi ibu terbaik, pasangan terbaik, dan wanita terbaik. Untuk itu Anda harus bersikap baik dan saling mendukung satu sama lain. (ren)