Batasi Daging Untuk Alasan Ini!

steak daging merah
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Para ahli gizi memang sepakat, bahwa konsumsi daging sangat baik untuk pemenuhan nutrisi tubuh. Terutama sebagai sumber B12, zat besi, dan kalsium.

5 Fakta Menarik Persib Bandung Usai Benamkan Persebaya Surabaya di Liga 1

Daging memang harus selalu ada dalam daftar menu makanan sehat Anda, tapi ini bukan berarti Anda dapat mengkonsumsi sepuasnya. Atau harus selalu ada daging dalam setiap kesempatan makan. Konsumsi daging hanya sebatas mengimbangi serat yang didapatkan dari sayur dan buah.

Ada baiknya, Anda juga membatasi takaran daging untuk sehari-hari. Para ahli sepakat, jika konsumsi daging, terutama daging merah seperti, sapi, dan domba boleh dikonsumsi, maksimal 80 gram per harinya.

Sedangkan daging rendah lemak dan ikan, tidak terlalu banyak memberikan kontribusi pada buruknya kesehatan. Ini justru dapat menurunkan resiko kekurangan gizi.

Dua masalah utama yang berkaitan dengan tinggi konsumsi daging merah adalah, kadar kolestrol tinggi karena banyaknya asupan lemak. Juga peningkatan resiko penyakit jantung koroner dan stroke. Begitu juga dengan resiko berbagai macam jenis kanker, terutama kanker usus besar.

Ini merupaka efek langsung yang dapat diturunkan oleh daging, karena kurangnya makanan nabati, seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Sebuah penelitian yang dikutip dari My Health News Daily, menunjukkan bahwa orang yang makan sayuran mentah atau salad, setidaknya tiga sampai empat kali seminggu, dapat mengurangi memiliki insiden penyakit jantung dan kanker hingga 50 persen. Dibandingkandengan mereka yang anti dengan sayur.  (sj)

Pendampingan pembentukan koperasi di Banyuasin

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Guna Bantu Petani Banyuasin Kembangkan Usaha

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman memberikan arahan agar jajarannya mampu membangun ekosistem baru di sektor pertanian dan membuat pertanian diminati anak muda.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024