Cara Pandang Masyarakat Terhadap Epilepsi Harus Diubah

Ilustrasi Epilepsi.
Sumber :
  • inmagine

VIVAlife - Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia, Mahfud MD, menilai masyarakat harus mengubah cara pandang terhadap penyakit epilepsi. Sebab, kata dia, sebagian masyarakat malu bila ada keluarganya yang terkena epilepsi.

"Orang kalau terserang penyakit epilepsi kan malu, sebenarnya tidak perlu ada pengklasifikasian terhadap penyakit tersebut," kata Mahfud dalam sambutan talkshow "Pengaturan Nutrisi pada Penyandang Epilepsi" di Museum Bank Indonesia, kawasan Kota Tua, Jakarta, Minggu, 21 Oktober 2012.

Mahfud menjelaskan bahwa epilepsi bukanlah masalah medis semata. Tapi besar pengaruhnya terhadap masalah psikologis dan masalah sosial di masyarakat. "Peran serta masyarakat dan keterlibatan dari berbagai ilmu sangat dibutuhkan demi penanganan yang optimal," ucapnya.

Saat ini di Indonesia ada sekitar 1,1 juta orang pengidap penyakit epilepsi. Mereka, kata Mahfud, harus mendapat perawatan yang baik. Penyakitnya harus disembuhkan sesuai dengan tujuan bernegara demi membangun kesejahteraan umum.

Mahfud menilai, kegiatan yang diadakan Yayasan Epilepsi Indonesia sudah cukup baik karena menunjukkan kepeduliannya terhadap penyandang epilepsi. "Kami ingin bersama-sama Yayasan Epilepsi Indonesia meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyakit epilepsi," ujar dia.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024