Studi: Efek Pelukan, Menyehatkan Jantung

pelukan
Sumber :

VIVAlife - Bagaimana psikologi berperan dalam kesehatan tubuh? Seperti disebutkan para psikolog, jika penyembuhan suatu penyakit dapat berproses lebih cepat saat penderita mendapatkan banyak dukungan emosional dari kerabat atau orang-orang yang dicintai. 

Vietnamese EV Taxi Service Push Sustainability Agenda with VinFast

Seorang peneliti, Dr Candyce Kroenke berkata, "Kami menemukan wanita dengan jaringan sosial yang sempit, memiliki risiko kematian lebih tinggi, dibandingkan mereka yang dikelilingi orang dekat." Artinya, untuk mendapatkan kesehatan, Anda diwajibkan untuk bersosialisasi dengan baik.

Memiliki banyak teman untuk berbagi, atau melakukan hal kecil guna mendukung teman yang sedang sakit. 

Makin Naik Daun, Brand Lokal Produk Kecantikan Kian Diminati

Meski hanya berupa dukungan kecil, seperti mengantar ke rumah sakit, ini sangat berarti bagi mereka. Dukungan ini juga termasuk sebuah pelukan. Bahkan, pelukan ini lebih efektif dibandingkan obat dokter.

Dilansir Daily Mail, pelukan yang didapatkan secara rutin, mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stres, dan kelelahan. Daya tahan tubuh akan otomatis meningkat, sehingga tubuh dapat melawan infeksi dan depresi. Demikian menurut studi terbaru. 

Video Detik-detik Muazin Mengubah Lafaz Azan saat Hujan Badai di Dubai, Serukan Sholat di Rumah

Sepuluh detik berpelukan, dapat menurunkan tekanan darah. Dan setelah itu seseorang akan merasa lebih baik secara keseluruhan. Ini karena hormon oksitoksin meningkat, dan sebaliknya hormon stres akan berkurang. 

"Pengalaman emosional positif, seperti berpelukan, menimbulkan reaksi biokimia dan fisiologis," kata psikolog Dr Jan Astrom, pemimpin penelitian, dalam Jurnal Psychology Komprehensif. (art)

Ilustrasi utang.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Tidak semua negara di dunia ini mengandalkan utang dalam proses pembangunan dan pengelolaan pemerintahannya. Ada lima negara yang memiliki tingkat utang paling rendah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024