Budokon, Perpaduan Seni Bela Diri dan Yoga

Budokon
Sumber :
  • REUTERS/Cameron Shayne/Handout

VIVAlife - Di Indonesia istilah budokon belum sepopuler yoga atau pilates. Namun, program pelatihan yang menggabungkan yoga dan seni bela diri ini ternyata sudah cukup lama dikenal di Amerika Serikat (AS). Tepatnya sejak tahun 2002.

"Budokon adalah yoga, seni bela diri dan meditasi trifecta," ujar salah seorang pengajar di sebuah gym di kawasan Washington, Mimi Rieger.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

Seperti dilansir kantor berita Reuters, Rieger adalah satu dari sekitar 400 pengajar budokon yang ada di seluruh dunia. Sebelumnya, ia lebih dikenal sebagai pengajar yoga sejak 2003.

Selama ini, Rieger memang lebih banyak mengajar budokon di AS. Namun, ia berencana mengajarkan program tersebut di Turki, Denmark, dan Swedia, pada tahun ini. Selain itu, ia juga akan menggelar workshop tentang budokon di London, Jerman, Korea Selatan, dan Jepang.

Rieger menuturkan, banyak manfaat yang bisa diperoleh para murid yang mengikuti program pelatihan budokon. Salah satunya adalah latihan intens seluruh tubuh lewat perpaduan integritas gerakan seni bela diri dengan gerakan yoga yang mengalir.

"Ini seperti sebuah simfoni yang indah dari keduanya," ujar wanita pertama yang meraih sabuk coklat untuk program budokon.

Tingkatan sabuk di budokon sendiri terdiri dari enam, yakni putih, merah, biru, ungu, coklat, dan hitam. Program budokon pertama kali diprakarsai oleh seorang ahli seni bela diri sekaligus pencinta yoga asal North Carolina, Cameron Shyane.

Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok

"Melalui seni bela diri saya belajar meditasi. Baik yoga dan seni bela diri adalah refleksi diri, namun keduanya mengalami penyakit yang sama, yakni dipreteli untuk latihan kebarat-baratan," kata Shayne yang juga pendiri Budokon University di Miami, Florida.

Program budokon biasanya dimulai dengan gerakan yoga sun salutation. Kemudian diikuti dengan gerakan seni bela diri yang meledak-ledak dan dilanjutkan dengan gerakan menyerupai tari. Terakhir, ditutup dengan meditasi.

"Tidak ada hitungan napas. Kita tidak berhenti," ujar Shayne yang menggambarkan gerakan budokon tersebut seperti ular.

Putri Anne

Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?

Putri Anne mendapat pertanyaan dari pengguna instagram tentang tips untuk bisa move on.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024