7 Manfaat Olahraga di Luar Ruangan

Wanita jogging.
Sumber :

VIVAlife - Memiliki sederet kartu anggota gym tak menjamin seseorang akan rajin berolahraga. Rasa malas yang kerap melanda serta kesibukan di kantor membuat Anda seringkali absen berolahraga di pusat kebugaran. Tak pelak, uang yang dikeluarkan untuk membayar iuran keanggotaan pun terbuang sia-sia.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sesungguhnya olahraga bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun. Nah, alternatif lain yang bisa Anda lakukan adalah berolahraga di luar ruangan. Seperti dilansir laman Women's Health, selain bebas biaya, olahraga di luar ruangan juga ternyata memiliki beberapa keuntungan. Apa saja?

1. Waktu olahraga bisa lebih lama.

Bertemu dengan wajah-wajah baru, mengubah rutinitas, dan melihat pemandangan hijau di sekitar Anda tentunya akan mampu mengurangi kebosanan dalam berolahraga. Tanpa sadar, Anda pun berolahraga lebih lama ketimbang saat berada di dalam gym,

2. Membakar kalori lebih banyak
.

Permukaan tanah yang bervariasi di luar ruangan atau taman membuat Anda melakukan gerakan yang lebih bervariasi dan dengan cara yang lebih kompleks. Pada akhirnya, kalori yang dibakar pun lebih banyak.

3. Lebih menghemat uang.

Sudah bukan rahasia lagi jika keanggotaan gym menghabiskan biaya tak sedikit. Di Amerika, 85 persen warganya menghabiskan sekitar US$600 per tahun untuk membayar fasilitas gym dan bahkan 15 persen membayar lebih besar.

Jalan Salib Kolosal di Ruteng Ikut Dijaga Remaja Muslim, Ribuan Orang Menyaksikan

Ini tentunya akan sia-sia jika Anda tak pernah melangkahkan kaki ke gym. Upaya membuat gym sendiri di rumah dengan membeli peralatan olahraga juga bukan investasi yang bagus.

4. Lebih bahagia.

Berolahraga di luar ruangan ternyata bisa membuat Anda lebih bahagia. Ini karena tubuh mengeluarkan endorfin yang tercipta saat Anda menghirup udara segar. Dengan timbulnya perasaan bahagia maka Anda pun semakin semangat olahraga.

Berdasarkan laporan yang dirilis Environmental Science and Technology, berolahraga di luar ruangan juga mampu menciptakan energi dan pikiran yang positif ketimbang berolahraga di dalam ruangan. Sebagai contoh, 71 persen orang yang berjalan di taman selama 30 menit akan mengalami pengurangan stres.

5. Menghindari kuman lebih banyak
.

Beberapa studi menunjukkan bahwa gym adalah tempat berkembang biak kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Ini memang bisa dihindari dengan sering menucici tangan, mengganti kaos kaki setiap hari, mengelap peralatan sebelum dan setelah digunakan, serta menggunakan sandal jepit di kamar mandi. Namun jika Anda merasa hal-hal tersebut cukup merepotkan maka olahraga di luar ruangan bisa menjadi pilihan.

6. Membantu berpikir lebih jernih.

Beraktivitas di luar ruangan juga membantu Anda berpikir lebih jernih. Ini karena Anda lebih dekat dengan alam dan stres pun terhindarkan.

7. Bebas mengatur waktu olahraga.

Berolahraga di luar ruangan membuat Anda bebas mengatur waktu latihan. Tak ada jadwal kelas dan tak perlu mengantre untuk menggunakan peralatan olahraga. Anda bisa bebas mengatur waktu untuk olahraga.

[dok. KoinWorks]

Gandeng IDH.ID, KoinWorks Sediakan Layanan Pay Later bagi UMKM dan Ritel

KoinWorks, menjalin kemitraan strategis dengan PT Indonesia Distribution Hub alias IDH.ID, guna memberikan kemudahan pembayaran melalui layanan Pay Later

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024