Ini Penyebab Utama Pria Sering Kurang Sensitif

pasangan bertengkar
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Pernah kesal dengan pasangan karena 'buta' dengan emosi yang kita rasakan? Tampaknya sebagai wanita , Anda hanya bisa pasrah jika menghadapi situasi ketika pria tak bisa dengan cepat membaca emosi. 

Kadang sebagai kekasih atau istri yang sudah lama bersama, kita menganggap pria bisa mengetahui emosi yang kita rasakan tanpa diberi tahu. Mulai sekarang, anggapan tersebut sebaiknya Anda 'kubur' dalam-dalam.

Dibandingkan wanita, ternyata pria memang lebih lambat dalam hal membaca emosi, bahkan sering gagal. Sehingga seringkali membuat mereka kurang sensitif. Hal ini diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan tim dari Universitas Edinburgh, Inggris. Mereka meminta para responden pria dan wanita untuk melihat foto wajah berbagai ekspresi emosi.

Otak mereka lalu diteliti dengan cara pemindaian untuk melihat respon berdasarkan waktu. Ketika ditanya beberapa pertanyaan, ada perbedaan respon otak terkait penilaian emosi pada pria dan wanita. Ketika ditanya, seberapa mudah orang yang di dalam foto didekati, pria membutuhkan waktu lebih lama.

Peneliti berkesimpulan, dalam hal membuat opini yang terkait emosi, pria lebih mengalami kesulitan. Hasil pemindaian otak menunjukkan aliran darah kencang ke area otak yang berfungsi membuat penilaian tentang emosi.

Hal itu menunjukkan bahwa otak pria harus bekerja lebih keras untuk membuat keputusan emosi dan sosial. Kenyataannya, bagi pria secara alamiah itu merupakan penilaian rumit.

Cerita Perjuangan TikTokers Sasya Livisya, Sering Dapat Hate Comment karena Penampilannya

Menurut Profesor Lawrie Stephen, kepala peneliti, proses alami yang lebih lama pada otak pria memakan waktu lama karena untuk memberikan cukup waktu agar menilai dengan benar.

"Namun, ketika dihadapkan pada kenyataan, sangat mungkin para pria melakukan penilaian yang salah," ujar Profesor Stephen, seperti dikutip dari Daily Mail.

Temuan juga menunjukkan bahwa pria sebenarnya mengembangkan strategi untuk mengatasi empati yang lebih rendah secara alami. Caranya dengan lebih mengaktifkan bagian otak yang memahami isyarat-isyarat sosial, tapi memakan waktu yang lebih lama.  (eh)

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024