Studi: Berkebun Ampuh Perangi Obesitas

Berkebun termasuk hobi yang menyenangkan.
Sumber :
VIVAlife - Memiliki taman atau sepetak kebun di rumah? Berkebunlah. Kegiatan ini diklaim sebagai cara diet sehat untuk memerangi obesitas. Berkebun juga disebut memiliki sejumlah manfaat untuk meningkatkan semangat hidup dan kebahagiaan. Demikian menurut hasil studi yang dilakukan peneliti University of Utah.
Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Mereka melakukan penelitiannya dalam dua kelompok masyarakat. Sama-sama memiliki fasilitas kenyamanan seperti taman. Mereka juga mempunyai kehidupan perekonomian yang sama, yang membedakan adalah kegiatan berkebunnya.
Zulhas Enggan Revisi Aturan Barang Bawaan dari Luar Negeri: Bayar Pajak Dong!

Pada mereka yang sering berkebun, memiliki tubuh lebih sehat dan langsing. Pada pria, kegiatan berkebun akan menghindarkan kelebihan berat badan hingga 62 persen. Sedangkan para wanita 46 persen. Kegiatan ini mampu membakar kalori hingga 63 kalori per 10 menit. 
Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun
 
Studi yang dipimpin Professor Cathleen Zick ini mengungkap bahwa memiliki kebun di belakang rumah, selain menambah aktivitas fisik juga menyehatkan tubuh dalam hal konsumsi bahan makan. Ini karena biasanya mereka memetik sayuran atau buah dari kebunnya.

Georgie Willock, dari National Allotment Society juga mengatakan bahwa manfaat kesehatan dari berkebun sama halnya dengan aerobik. Termasuk kegiatan menanam, membawa hasil kebun yang turut melatih fleksibilitas sendi, menghirup udara bersih, dan berpanasan untuk memaksimalkan asupan vitamin D. 

Di lansir Daily Mail, Guy Barter dari Royal Horticultural Society juga mengatakan hal senada: Berkebun menimbulkan roh. Setelah seharian bekerja keras, hanya menggunting tanaman saja sudah memberi kebahagiaan. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya