Waktu Tepat Pemberian Ponsel Bagi Anak

Ilustrasi penggunaan SMS melalui ponsel
Sumber :
  • REUTERS
Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika
VIVAlife
- Kemajuan teknologi memang membawa dampak besar bagi perkembangan hidup manusia, terutama dikalangan orangtua dan anak. Telepon genggam atau ponsel misalnya, mulai diberikan pada anak-anak mereka ketika berusia enam tahun.
Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga


Menilik Bayang-bayang Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya
Mayoritas orangtua mengklaim, mereka memberi ponsel pada anak-anaknya karena alasan kemananan dan ketenangan pikiran. Sebuah studi baru menunjukkan kondisi ini mengalami kemunduran. Ini karena, tahun-tahun sebelumnya, seorang anak diijinkan menggunakan ponsel ketika berusia tujuh tahun.

Penelitian yang dilakukan oleh
mengungkap, tahun 1993, anak diberikan ponsel pertama di usia 13 tahun, berbeda dengan anak kecil masa kini. "Meskipun orangtua ingin menjaga keamanan anak-anaknya, akan tetapi usia tujuh tahun pun masih terlalu dini untuk diberikan ponsel," kata Adam Cable, seperti dikutip dalam
Dailymail.


Meski demikian, Adam tak menutupi bahwa kecanggihan teknologi membawa anak-anak mereka menjadi lebih pintar. Katanya, anak berusia empat tahun sudah mampu menggunakan ponsel pintar atau note book dengan baik.


Namun hal yang tak boleh dilupakan adalah soal perlindungan dalam penggunaan ponsel. "Untuk melindungi anak dalam penggunaan ponsel, orangtua juga harus menyiapkan tindakan pencegahan yang tak diinginkan ketika menggunakannya (ponsel). Ini dilakukan agar anak tahu persis kegunaan ponsel," tambah Adam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya