Ketahui Cara Aman Bersihkan Telinga

Ilustrasi Telinga.
Sumber :

VIVAlife - Telinga merupakan organ yang sangat sensitif sehingga mudah sekali terluka saat dibersihkan. Karena itu, membersihkannya harus dengan cara tertentu. Tidak boleh sembarangan mengorek-ngorek lubang telinga.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Berikut cara mudah, sehat dan aman membersihkan telinga, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Minyak Kelapa

Cara mudah pertama yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membersihkan lubang telinga adalah menggunakan minyak kelapa. Hangatkan minyak kelapa, lalu teteskan 3-4 tetes minyak kelapa ke dalam lubang telinga. Setelah itu miringkan telinga Anda agar minyak tersebut dapat menjangkau jauh ke dalam. Diamkan beberapa saat, lalu bersihkan dengan menggunakan kapas. Setelah semuanya bersih, langkah terakhir adalah bersihkan telinga dengan menggunakan air bersih. Seperti diketahui, minyak kelapa hangat berfungsi sebagai pelarut dan cepat mengangkat kotoran di dalam telinga dengan mudah.

Cotton Buds

Cara lainnya yang sering dilakukan adalah dengan menggunakan cotton buds agar telinga tetap bersih. Tapi, hati-hati memilih cotton buds. Gunakan yang berujung lembut dan tebal, jangan sesekali menggunakan cotton buds yang keras karena dapat menyebabkan kerusakan pada bagian terpenting telinga.

Dokter
Menemui dokter spesialis THT (telinga, hidung, tenggorokan) adalah langkah terakhir dan yang paling menyeluruh untuk membersihkan telinga. Dokter akan menggunakan alat khusus yang bisa membersihkan lubang telinga hingga jauh ke dalam. Lakukan pembersihan menyeluruh selama 6 bulan atau satu tahun sekali.  (umi)

Megawati, Prabowo dan Puan Maharani berswafoto beberapa waktu lalu. (foto ilustrasi)

Gerindra Akui Agenda Pertemuan Prabowo dengan Megawati Sedang Disusun

Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani meyakini peluang pertemuan Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus Presiden terpilih Prabowo Subianto, dengan Ketua Umum PDIP Megawati.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024