Konsumsi 7 Makanan Ini untuk Cerdaskan Otak

Jus buah delima
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Seiring bertambahnya usia, fungsi otak semakin menurun. Belum lagi pengaruh radikal bebas yang juga bisa menghambat optimalisasi otak. Akibatnya kerusakan otak, gangguan saraf, tekanan darah, sampai gangguan mental seperti Alzheimer.

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Namun sebenarnya, otak bisa dijaga agar tetap cerdas. Caranya mudah, konsumsi makanan-makanan yang baik untuk otak. Mengutip laman Times of India, berikut deret makanan yang baik untuk menjaga optimalisasi fungsi dan kecerdasan otak.

Bayam

Merawat Silek Galombang 12 Batipuh Pitalah Bungo Tanjuang

Bayam kaya akan antioksidan, sehingga memperlambat penuaan otak dan sistem saraf. Bayam juga meningkatkan fungsi kognitif otak. Konsentrasi, kemampuan mengambil keputusan, memecahkan masalah, serta penalaran tetap terjaga.

Sayuran hijau gelap

Jumat Ini KPK Panggil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor soal Korupsi Potongan Insentif

Homocysteines merupakan bahan kimia yang jika berkadar tinggi dapat menyebabkan demensia, Alzheimer, dan pecah pembuluh darah arteri. Namun, sayuran berwarna hijau gelap dapat mencegahnya. Sebab, ia mengandung folat, vitamin B, dan B6.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji-bijian juga mengandung B6 yang baik memerangi homocysteines. Kandungan magnesiumnya juga bisa mengoptimalkan kognisi otak. Sedangkan kacang-kacangan seperti almond dan kenari, kaya akan omega 3 untuk meningkatkan pikiran dan antioksidan untuk menurunkan kolesterol.

Kakao

Selain rasanya yang lezat, mengonsumsi kakao juga baik untuk kesehatan sistem kerja otak.  Kandungan antioksidan yang tinggi dapat mencegah otak dari stres oksidatif, yang menyebabkan penyakit parkinson, gagal jantung, Alzheimer, dan sindrom kelelahan kronis.

Bawang putih

Tak hanya mampu melawan infeksi, bawang putih juga mencegah pikun. Penuaan otak dapat diminimalisasi, sistem kardio vascular juga ditingkatkan. Bawang putih juga baik dikonsumsi karena mengandung antioksidan tinggi.

Teh

Metabolisme tubuh akan meningkat dengan mengonsumsi teh. Fungsinya bukan hanya itu. Minuman populer ini juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif otak. Selain itu, teh pun mengandung aktioksidan yang meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Jus Delima

Terakhir, adalah buah pome alias delima. Ia punya sejuta manfaat untuk tubuh, termasuk otak. Buah ini dipercaya dapat membuat daya pikir tetap aktif. Antioksidannya juga ampuh melawan radikal bebas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya