Download Our Application
A Group Member of VIVA

viva.co.id

  • Sabtu, 18 Januari 2014 | 00:01 WIB
  • Monitoring Kesehatan Ibu & Anak Lewat “Mommychi”

  • Oleh
    • Ririn Aprilia
Monitoring Kesehatan Ibu & Anak Lewat “Mommychi”
Photo :
Kalbe luncurkan Mommychi untuk monitoring kesehatan ibu dan anak

VIVAlife – PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meluncurkan Mommychi aplikasi mobile untuk monitoring kesehatan ibu dan anak, Rabu 15 Januari 2013. Aplikasi ini merupakan cara terbaru untuk monitoring kesehatan ibu dan anak, sejak awal kehamilan hingga masa tumbuh kembang Si Kecil di usia 1000 hari pertamanya.

Mommychi terdiri atas aplikasi mobile dan website sehingga para ibu dapat mengakses data kehamilannya maupun data kesehatan anak secara mudah. Fitur unggulan Mommychi terdiri atas tiga bagian yaitu pertama, fitur pada saat kehamilan (kontrol kehamilan, jurnal kehamilan, ensiklopedia ibu, namerator bayi), kedua, fitur monitoring kesehatan anak (imunisasi, jurnal kesehatan anak, deteksi tumbuh kembang anak, deteksi gejala penyakit, ensiklopedia anak), dan ketiga fitur umum (galeri, direktori, musik, games, tanya dokter).

“Peluncuran Aplikasi ini menjadi bagian dari kepedulian Kalbe untuk Indonesia lebih sehat, mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan kehamilan dan tumbuh kembang anak, serta sejalan dengan program pemerintah tentang Gerakan 1000 hari pertama kehidupan sebagai upaya percepatan pencapaian Milenium Development Goals,” ujar Vidjongtius, Direktur PT Kalbe Farma Tbk.

Menurut Vidjongtius, aplikasi ini akan terus dikembangkan, dan diharapkan juga meningkatkan layanan Kalbe terhadap konsumen selain menyediakan produk-produk kesehatan yang berkualitas lainnya. Kalbe berharap aplikasi mobile Mommychi ini menjadi aplikasi kesehatan yang terlengkap, terpercaya dan mudah digunakan.

Sementara itu menurut DR. Dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak & Remaja Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU Dr. Soetomo/FK Unair Surabaya, 1000 hari pertama kehidupan yaitu sejak di dalam kandungan hingga usia dua tahun merupakan periode kritis dan menjadi masa awal yang menentukan tumbuh kembang otak anak.

“Keunikan periode kritis ini terletak pada dua hal yaitu periode ini merupakan masa saat sirkuit jaringan otak terbentuk hingga 80 persen dan periode kritis ini hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, sehingga selama periode ini Si Kecil harus benar-benar terpantau kemampuannya supaya tidak terjadi kegagalan pembentukan sirkuit otak yang berakibat permanen sepanjang usianya,“ jelasnya.

Untuk diketahui, Mommychi merupakan apps online (seperti Facebook), dimana data yang ada tersimpan aman di server dan bisa dibuka pada gadget dengan sistem android maupun ios (iphone, ipad) dimana saja dan kapan saja sejauh ada koneksi internet. Data bersifat individu dan rahasia sesuai dengan login dan password. Pengguna bisa mengintegrasikan data si anak sejak dalam janin sampai dilahirkan dan bertumbuh, cukup dengan menekan tombol (tautkan dengan kehamilan). Mommychi dilengkapi dengan berbagai tools interaktif, antara lain jurnal kehamilan dan anak, pengingat imunisasi yang terhubung dengan kalender device Ibu, grafik tumbuh kembang dengan status gizi dan lain sebagainya.

Mommychi menjadi bagian layanan kesehatan dari KALCare, salah satu unit layanan pelanggan Kalbe yang menyediakan solusi kesehatan terpadu. KALCare memberikan rangkaian pelayanan lengkap termasuk konsultasi dengan dokter, farmasi, laboratorium, pemeriksaan kesehatan, informasi dan edukasi kesehatan, serta layanan kesehatan dengan sentuhan personal.

Saat ini outlet KALCare berada di Pondok Indah Mall2, Lotte Shopping Avenue, dan Bintaro Exchange. KALCare corner berada di Supermall Karawaci dan Hypermart Puri. Layanan KALCare juga bisa diakses di www.kalcare.co.id. (Web)